Cara Upload File ke Google Drive Melalui Komputer

Internet

Selamat datang di web TulisanIB. Kali ini penulis ingin memberitahukan caranya upload file ke Google Drive. Tutorial kali ini admin tulis ditahun 2020, mungkin cara ini akan berbeda ditahun-tahun berikutnya, tapi semoga saja tulisan ini masih bisa bermanfaat untuk diwaktu yang akan datang terutama ditahun-tahun berikutnya.

Google Drive menampilkan gambar yang mirip seperti makhluk bernyawa di dalam web-nya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.

Baiklah, mungkin ada yang tidak tahu, upload itu apa sih? "Upload" itu kalau diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah artinya "Unggah".

Sedangkan kalau kata "Uploading" artinya "Sedang mengunggah".

Untuk kata "Uploader" artinya adalah "Orang atau oknum yang mengunggah file".

Kalau "File" mungkin sudah pada tahu, "File" itu kalau diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya "Berkas".

Jadi jika kata "Upload" dan kata "File" digabungkan maka berarti "Mengunggah berkas", ke mana? Di sini yang akan penulis bahas adalah ke Google Drive. Saya pribadi lebih menyukai dan sudah terbiasa dengan istilah yang dalam Bahasa Inggrisnya yaitu upload file.

Upload file di Google Drive itu cukup mudah. Dan sedikit informasi saja, di Google Drive, kita diberikan penyimpanan gratis oleh Google sebesah 15 GB, ukuran tersebut sudah cukup besar untuk kita gunakan.

Cara Upload File ke Google Drive Melalui Komputer

Baiklah langsung saja berikut caranya:
  1. Pertama-tama silahkan buka dulu web Google Drive-nya di link berikut ini:
    https://drive.google.com/drive/u/0/my-drive
  2. Maka akan diminta untuk login atau masuk menggunakan akun gmail atau akun google kalian. Silahkan untuk login terlebih dahulu.
    Login Google Drive
  3. Jika sudah login atau masuk maka akan ditampilkan halaman home atau beranda dari Google Drive. Sekedar tambahan saja, di sini penulis akan mencontohkan untuk membuat folder di Google Drive. Silahkan klik tombol Baru di sebelah kiri pojok atas bawah logo Drive.
    Klik tombol Baru.
  4. Lalu klik tulisan Folder (yang paling atas).
    Pilihan tombol Baru.
  5. Lalu akan muncul kotak yang berjudul Folder Baru, silahkan untuk menuliskan nama untuk folder yang akan dibuat di kolom yang telah disediakan, lalu kalau sudah mengisi nama klik tombol BUAT.
    Folder Baru
  6. Maka akan muncul folder baru yang sudah kita buat, silahkan buka folder tersebut dengan cara klik dua kali (double click) menggunakan mouse atau satu kali klik menggunakan mouse lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
    Buka Folder
  7. Baiklah sekarang kita akan mengupload file, klik tombol Baru yang berada di sebelah kiri pojok atas bawah logo Drive seperti cara nomor 3 sebelumnya.
    Klik tombol Baru.
  8. Lalu klik tulisan Upload file.
    Pilihan tombol Baru.
  9. Maka akan muncul kotak, silahkan pilih file yang ingin diupload lalu klik tombol Open yang berada di pojok kanan bawah kotak tersebut (sebelah kanannya tombol Cancel).
    Pilih File
  10. Tunggu sampai upload selesai. Jika upload selesai maka akan menampilkan kotak persegi panjang yang terdapat tulisan "[jumlahfile] upload selesai" di pojok sebelah kanan bawah.
    Upload Selesai
  11. Ingin membagikan atau share file yang sudah diupload ke orang lain? Jika ya, silahkan klik tombol yang berada di sebelah kanan bawah (serong kanan bawah) kotak pencarian, cari saja tombol yang menampilkan tulisan Bagikan "[namafilekamu]" ketika didekatkan dengan mouse.
    Bagikan
  12. Maka akan muncul kotak lagi dua kotak, silahkan klik tulisan Ubah ke siapa saja yang memiliki link di kotak Dapatkan link (kotak kedua). Maka otomatis setiap orang yang memiliki link dari file yang barusan diupload hanya bisa melihat dan mendownload file tersebut dan tidak bisa untuk mengubah file tersebut (kecuali kita yang punya file tersebut).
    Ubah ke siapa saja yang memiliki link
  13. Silahkan klik tombol Salin link untuk mengcopy link dari file yang kita upload. File ini yang kita gunakan dan kita bagikan ke orang lain untuk mendownload file yang barusan kita upload. Lalu klik tombol Selesai untuk menutup atau menghilangkan dua kotak tersebut.
    Salin Link
  14. Jika kotak tersebut telah kita keluarkan maka jika mouse diletakkan atau digeser atau diarahkan ke sebelah kanan file yang telah kita upload akan keluar tulisan Dibagikan, ini menandakan file sudah bisa untuk dilihat atau didownload oleh orang lain. Nah sekarang link bisa kita share ke orang lain.
    Dibagikan

Membuat Direct Link

TAMBAHAN!! Bagi yang ingin membuat direct link agar link download file-nya bisa direct download atau ketika link file tersebut dibuka maka akan mendownload otomatis tanpa harus klik tombol download pada Google Drive silahkan untuk menyimak caranya berikut ini:
  1. Siapkan link download dari file yang sudah diupload. Pastikan link download dari file yang diupload sudah kamu copy atau salin.
  2. Jika sudah silahkan copy kode unik dari link download tersebut. Berikut contoh link download Google Drive:
    https://drive.google.com/file/d/15uBXgg6dHfjT2VpjveBI8dOg7A6sCMRT/view?usp=sharing
    Letak kode unik link download-nya adalah yang telah saya tandai kuning.
  3. Jika sudah dicopy silahkan untuk mempaste-nya disebelah kanan link berikut:
    https://drive.google.com/u/0/uc?id=
    Sebagai contoh maka hasilnya akan seperti ini:
    https://drive.google.com/u/0/uc?id=15uBXgg6dHfjT2VpjveBI8dOg7A6sCMRT
  4. Selesai. Link direct download telah siap digunakan dan dibagikan pada orang lain.

Tetapi penggunaan link direct download ini memiliki kekurangan, yaitu kekurangannya adalah apabila file yang sudah diupload ke Google Drive memiliki ukuran yang terlalu besar lalu kita melakukan download menggunakan direct link dari file tersebut maka link tersebut tidak bisa melakukan direct download dikarenakan web Google Drive tidak bisa memindai virus pada file yang berukuran besar, dan kita harus mengklik tombol Tetap download yang berwarna biru untuk melanjutkan proses download, bukan direct link lagi deh jadinya.

Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini:
Ukuran Terlalu Besar


Tanya Jawab

Sekarang waktunya tanya jawab. Mungkin bagi yang bingung atau belum tahu dengan Google Drive beberapa pertanyaan tanya jawab beserta jawabannya di bawah ini bisa bermanfaat dan membantu kalian.

a. Keterangan

Akan penulis singkat untuk membedakan orang yang bertanya dan saya yang menjawab agar lebih singkat tentunya.
T = Sebagai orang yang bertanya.
J = Adalah saya yang menjawab.

b. Pertanyaan dan Jawabannya

T: Apa membackup data pakai Google Drive harus pake kuota internet?
J: Ya, kita jelas harus pakai data kuota internet karena untuk mengakses server Google Drive dibutuhkan koneksi jaringan internet. Kalau mau menyimpan data tetapi tidak pakai internet bisa saja disimpan secara offline di penyimpanan perangkat dekstop (komputer) atau mobile (hp) milikmu sendiri, akan tetapi efeknya kita tidak bisa membagikannya pada orang lain yang berada di internet (seperti ke media sosial).

T: Untuk menghindari hacker lebih aman mana menyimpan file di Google Drive atau di kartu memori?
J: Dalam masalah ini penulis sendiri kurang tahu, kalau file disimpan di Google Drive insya Allah lebih aman karena sudah tersimpan di servernya Google, dan Google juga sangat aman servernya, bahkan Google sendiri memberikan bayaran besar pada Hacker yang telah berhasil menemukan celah keamanannya.

T: Apakah kuota 30gb indosat bisa buat akses Google Drive?
J: Bisa. Penulis sendiri membuka atau mengakses web Google Drive ini menggunakan kuota lebih kecil dari 30 GB. Kecuali kalau kamu mau upload file berukuran besar seperti 30 GB keatas (penyimpanan gratis yang diberikan Google pada kita hanya 15 GB saja), tentunya juga dibutuhkan kuota yang ukurannya lebih besar dari file yang akan diupload.

T: Cara mengembalikan partisi ke drive C bagaimana?
J: Kalau kamu sebelumnya telah mengupload file yang berada di drive C komputer milikmu ke Google Drive kamu bisa download saja filenya lalu disimpan lagi di drive C milikmu.

T: Cara mengunci aplikasi Google Drive bagaimana?
J: Sebenarnya Google Drive ini sudah terkunci oleh akun gmail kita, karena sebelum kita membuka website Google Drive kita akan diminta untuk login terlebih dahulu menggunakan akun gmail kita. Untuk mengunci aplikasi Google Drive pada perangkat mobile (hp) mungkin bisa menggunakan aplikasi app lock pihak ketiga.

T: Apakah foto di Google Drive akan tersimpan jika masuk menggunakan handphone lain?
J: Jika kamu sebelumnya telah mengupload file foto ke Google Drive maka file akan tersimpan pada handphone lain jika handphone lain tersebut mendownload file foto milikmu.

Wallahu a'lam bisshawab.

Kesimpulan

Untuk mengupload file ke Google Drive sendiri sebenarnya sangat mudah, seperti pada tutorial langkah-langkah yang sudah penulis jabarkan di atas. Apabila tutorial ini berbeda atau tidak sama, silahkan menyesuaikan ya.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Artikel tentang internet lainnya di web TulisanIB: Cara Blok Website Agar Kita Tidak Bisa Membukanya di Komputer Atau PC.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: November 19, 2020
  • Date Updated: 2024-04-14T09:02:45Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/11/cara-upload-file-di-google-drive.html

  • Share on Social Media