Cara Membuat Bootable Sistem Operasi Menggunakan Flash Disk di Linux Mint

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel kali ini penulis akan memberikan sebuah penjelasan mengenai tutorial bagaimana cara membuat bootable menggunakan flash disk di Linux Mint. Bootable flash disk ini nanti yang bisa digunakan untuk penginstalan sistem operasi, seperti menginstal sistem operasi Windows XP, Windows 7, Windows 8, Linux Ubuntu, Linux Mint, dan lain sebagainya.

Sampai di sini, yang kita butuhkan sebelum membuat bootable adalah kita harus menyiapkan beberapa bahan-bahan, yaitu sebagai berikut:
  1. Sebuah file ISO atau file yang sejenisnya yang berisi sistem operasi yang akan dibuat bootable, dan
  2. Sebuah flash disk yang memiliki ukuran yang besarnya itu lebih besar dari file ISO atau file yang sejenisnya yang berisi sistem operasi yang akan dibuat bootable. Maksud saya ukuran besar pada flash disk ini adalah besar ukuran penyimpanannya ya, bukan ukuran fisiknya si flash disk. Contoh: jika file ISO atau yang sejenisnya yang kita punya berukuran 2 GB maka kita harus menggunakan flash disk yang besarnya lebih dari 2 GB, misalnya flash disk yang berukuran 4 GB.

Baiklah, langsung saja silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Pertama-tama silahkan masukkan flash disk ke komputer atau laptop kalian.
  2. Kedua, silahkan buka menu.
    Klik Menu
  3. Silahkan ketik tulisan "boot" di kolom pencarian.
    Kolom Pencarian
  4. Maka akan tampil dua aplikasi seperti gambar di bawah ini. Lalu klik aplikasi yang berjudul "Penulis Berkas USB".
    Penulis Berkas USB
  5. Jika aplikasi sudah terbuka silahkan klik kotak yang bertuliskan (None).
    Klik (None)
  6. Maka akan muncul kotak Pilih Berkas, silahkan pilih file ISO atau yang sejenisnya yang berisikan sistem operasi yang akan dibuat bootable. Jika sudah memilih file sistem operasi lalu klik tombol Open di pojok kanan bawah. Di sini saya memilih file ISO dari sistem operasi Linux Mint 20 Cinnamon 64 Bit.
    Klik File ISO Lalu Klik Open
  7. Lalu silahkan klik kotak kedua (yang di samping kanan tulisan ke) untuk memilih flash disk yang akan digunakan untuk bootable.
    Pilih Flashdisk
  8. Jika sudah komplit dan selesai sudah terisi semuanya, silahkan klik tombol Tulis.
    Klik Tulis
  9. Akan muncul kotak Authenticate, silahkan tulis atau ketik password dari user Linux Mint kalian di kolom yang sudah disediakan. Jika sudah mengisi password klik tombol Authenticate.
    Authenticate
  10. Tunggu sampai selesai alias 100%.
    Tunggu Sampai 100%
  11. Jika muncul kotak dengan pesan yang bertuliskan "Berkas berhasil ditulis." itu berarti proses pembuatan bootable sudah selesai. Silahkan klik tombol OK untuk menutup kotak tersebut.
    Berkas berhasil ditulis
  12. Silahkan klik tombol Close yang berada di sebelah kiri tombol Tulis untuk menutup atau keluar dari aplikasi Penulis Berkas USB.
    Klik Close
  13. Selesai, kini flash disk sudah menjadi bootable dan siap digunakan untuk menginstal sistem operasi.

"Lalu apakah cara ini juga bisa atau support juga untuk membuat bootable selain menggunakan flash disk?" Penulis sendiri tidak tahu, tetapi jika perangkat atau device yang digunakan menggunakan colokan USB mungkin insya Allah bisa atau support, Allahu a'lam.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Artikel tentang Linux Mint lainnya: Cara Blok Website Agar Kita Tidak Bisa Membukanya di Komputer Atau PC.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: September 08, 2020
  • Date Updated: 2021-01-31T10:46:58Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/09/cara-membuat-bootable-sistem-operasi.html

  • Share on Social Media