Browser Opera - Kelebihan & Kekurangan, Link Download (Linux), dan Panduan Setting Agar Tidak Lemot

Selamat datang di web TulisanIB. Pada kesempatan kali ini TulisanIB akan membagikan link download serta beberapa kelebihan dan dan kekurangan dari web browser Opera juga dengan panduan cara mensettingnya.

Opera Browser

Kelebihan

Saya sebagai penulis sekaligus admin di web TulisanIB merekomendasikan pembaca sekalian menggunakan web browser Opera karena beberapa kelebihan berikut ini:
  1. Tidak menggunakan logo gambar makhluk bernyawa.
  2. Pengaturan browser gampang dimengerti dan sangat mudah untuk disetting.
  3. Bisa untuk menonaktifkan atau tidak menampilkan gambar di halaman website. Silahkan simak lebih lanjut di artikel "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar".
  4. Sudah include audit dari Google Lighthouse di DevTools.
  5. DevTools yang sangat mudah sekali digunakan dan dimengerti.
  6. Sudah include fitur blokir pelacak / tracker sehinggah bisa sedikit menghemat kuota paket data internet.
  7. Dan lain-lain.

Kekurangan

Dari beberapa kelebihan yang sudah penulis sebutkan di atas, ternyata web browser Opera ini juga memiliki beberapa kekurangan, yang paling menonjol penulis ketahui yaitu sebagai berikut:
  1. Untuk halaman error ketika tidak ada internet maka akan menampilkan gambar makhluk bernyawa, dan tenang saja gambar makhluk bernyawa tersebut tidak semuanya memiliki mata, hanya beberapa saja.
  2. Dan juga ada lagi yaitu browser Opera ini sering sekali penulis rasakan ketika membuka suatu website, website tersebut lama terbuka dan menampilkan pesan error DNS_PROBE_FINISHED (seperti contohnya adalah kode error DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG dan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN).
  3. Juga Browser Opera ini di halaman home-nya menampilkan berita yang jorok serta berbau pornografi dan konten dewasa. Untuk kekurangan yang satu ini silahkan simak di panduan setting yang sudah penulis jabarkan di bagian bawah link download untuk menghilangkan fitur berita.
Yaa hanya itu saja yang sangat disayangkan.

Informasi Singkat (Sumber: Wikipedia)

  • Pengembang: Opera Software
  • Peluncuran awal: 10 April 1995; 25 tahun lalu
  • Ditulis menggunakan: C++
  • Sistem operasi: Windows 7 atau yang lebih baru, macOS, Linux, Android, (sebelumnya FreeBSD dan NetBSD)
  • Mesin: Blink (sebelumnya Presto), V8
  • Bahasa: Tersedia dalam 42 bahasa
  • Jenis: Browser web
  • Lisensi: Freeware
  • Situs web: www.opera.com
Link-link di atas ada yang menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya, harap nonaktifkan gambar pada browser jika ingin mengakses link-link web tersebut di dalam rumah karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam rumah.
Dari Jabir ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang gambar yang ada dalam rumah, beliau juga melarang membuat lukisannya." (HR. Tirmidzi no 1671, Maktabah al-Ma'arif no. 1749)
Baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang belum tahu caranya menonaktifkan gambar pada browser.

Link Download

Sekarang penulis ingin membagikan link downloadnya. Versi browser Opera di link download ini merupakan reupload dari web TulisanIB untuk berjaga-jaga jika diversi terbarunya nanti tidak support atau tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Tapi ingat browser Opera yang TulisanIB bagikan ini adalah untuk sistem operasi Linux (sudah penulis coba di Linux Mint) dan bukan untuk sistem operasi lainnya ya.

Download Opera Stable 69.0.3686.57 64 Bit

Panduan Setting Agar Tidak Lemot

Panduan setting berikut bertujuan agar web browser Opera tidak lemot, hang, atau not responding ketika browser dijalankan, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan ya.
  1. Klik icon tiga garis mendatar di pojok kanan atas yang tepat berada di bawah tombol close.
    Icon tiga garis mendatar di pojok kanan atas.
  2. Lalu scroll sampai ke paling bawah lalu klik tulisan Masuk ke pengaturan browser penuh.
    Masuk ke pengaturan browser penuh.
  3. Lalu Scroll ke bawah sampai bagian Privasi dan keamanan
  4. Matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Kirim laporan crash ke Opera secara otomatis
  5. Matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Ambil gambar untuk sumber yang disarankan dalam Berita, berdasarkan riwayat
  6. Matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Tampilkan notifikasi promosi
  7. Scroll sampai ke paling bawah lalu klik tulisan Lebih lanjut
  8. Pada Isi otomatis, buka Kata Sandi, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Tawarkan untuk menyimpan kata sandi dan Masuk Otomatis. Lalu kembali ke menu sebelumnya dengan menekan icon anak panah ke kiri yang berada tepat di sebelah kiri tulisan Kata Sandi.
  9. Buka Metode pembayaran, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Simpan dan isi metode pembayaran. Lalu kembali ke menu sebelumnya dengan menekan icon anak panah ke kiri yang berada tepat di sebelah kiri tulisan Metode pembayaran.
  10. Buka Alamat dan lain-lain, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Simpan dan isi alamat. Lalu kembali ke menu sebelumnya dengan menekan icon anak panah ke kiri yang berada tepat di sebelah kiri tulisan Alamat dan lain-lain.
  11. Scroll ke bawah lagi sampai pada Penghemat baterai, hidupkan / ubah menjadi on (berwarna biru) pada Hemat baterai otomatis.
  12. Pada My Flow, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Aktifkan My Flow.
  13. Scroll ke bawah lagi sampai ke bagian Video pop out, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Aktifkan pop-out video.
  14. Pada bagian Berita pribadi, ubah menjadi tidak pernah pada Periksa sumber saya untuk konten baru.
  15. Scroll ke bawah lagi sampai ke bagian Halaman awal, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Tampilkan bagian Lanjutkan Belanja dan Tampilkan Lanjutkan pada Booking.com, lalu hidupkan / ubah menjadi on (berwarna biru) pada Sesuaikan animasi pada Panggil Cepat untuk perangkat keras yang agak lambat.
  16. Scroll ke bawah lagi sampai ke bagian Antarmuka pengguna, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Aktifkan Ruang kerja dan Aktifkan dukungan Chromecast (jika ada).
  17. Scroll ke bawah lagi sampai ke bagian Sistem, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Gunakan akselerasi perangkat keras jika tersedia.
  18. Pada Langkah Cepat, matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Gunakan akselerasi perangkat keras jika tersedia.
  19. Setelah itu, klik tombol Luncurkan Ulang di menu Sistem pada Gunakan akselerasi perangkat keras jika tersedia.
    Luncurkan Ulang
  20. Maka Browser Opera akan merestart, tunggu sampai Browser Opera terbuka kembali.
  21. Jika sudah terbuka kembali, klik icon tiga garis mendatar di pojok kanan atas yang tepat berada di bawah tombol close (seperti pada langkah nomor 1).
    Icon tiga garis mendatar di pojok kanan atas.
  22. Matikan / ubah menjadi off (berwarna abu-abu) pada Tampilkan bilah samping, Tampilkan wallpaper, Tampilkan berita, dan Tampilkan Cuaca, lalu hidupkan / ubah menjadi on (berwarna biru) pada Blokir pelacak. Untuk opsi Blokir Iklan kalian boleh hidupkan ataupun kalian boleh matikan, jika kalian menghidupkan opsi Blokir Iklan ini lalu ada website yang meminta untuk mematikan opsi blokir iklan maka tinggal kalian matikan saja opsi Blokir Iklan ini.
  23. Selesai.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Artikel pilihan penulis lainnya: "Cara Blok Website Agar Kita Tidak Bisa Membukanya di Komputer / PC".
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: September 02, 2020
  • Date Updated: 2021-10-29T00:22:15Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/09/browser-opera-kelebihan-kekurangan-link.html

  • Share on Social Media