Kode Pengganti All Head Content di Blogger.com (Blogspot) Valid HTML dan Support Layout V2 & V3

Selamat datang di web TulisanIB. Kali ini penulis ingin memberikan sebuah kode yang digunakan untuk mengganti kode meta tag all head content di Blogger.com alias Blogspot. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Apakah kalian tahu kode meta tag <b:include data='blog' name='all-head-content'/>? Kode ini terletak di antara tag <head> sampai tag penutupnya yaitu tag </head>. Biasanya kode ini diletakkan berada di atas tag <b:skin>.

Kode meta tag all head content.

Sekedar informasi kode meta tag pengganti <b:include data='blog' name='all-head-content'/> yang penulis share ini sudah valid HTML dan support untuk template Blogger.com alias Blogspot yang menggunakan layout v2 dan v3, kode meta tag pengganti <b:include data='blog' name='all-head-content'/> ini tidak support untuk template Blogger.com alias Blogspot yang menggunakan layout v1.

"Bukankah tidak apa-apa jika tidak diganti?" Memang jika tidak digantipun tidak apa-apa, tidak berpengaruh pada SEO blog dan juga tampilan blog.

"Lalu kenapa ingin menggantinya?" Untuk saya pribadi memilih menggantinya karena ingin mengganti meta tag yang digunakan untuk mengganti warna pada address bar di browser mobile atau browser hp, tapi mungkin saja keperluan setiap orang berbeda-beda dengan saya.

Baiklah, berikut ini kodenya:
<meta expr:content='"text/html; charset=" + data:blog.encoding' http-equiv='Content-Type'/>
<!-- Chrome, Firefox OS and Opera -->
<meta content='#eeeeee' name='theme-color'/>
<!-- Windows Phone -->
<meta content='#eeeeee' name='msapplication-navbutton-color'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<link expr:href='data:blog.blogspotFaviconUrl' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<link expr:href='data:view.url.canonical' rel='canonical'/>
<data:blog.feedLinks/>
<data:blog.meTag/>
<data:blog.ieCssRetrofitLinks/>
<b:tag name='link' cond='data:view.featuredImage' expr:href='data:view.featuredImage' rel='image_src'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'><meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/><b:else/><meta expr:content='&quot;Silahkan kunjungi &quot; + data:blog.pageTitle + &quot; untuk membaca artikel selengkapnya.&quot;' name='description'/></b:if>
<meta expr:content='data:blog.url.canonical' property='og:url'/>
<meta expr:content='data:view.title.escaped' property='og:title'/>
<meta expr:content='data:view.description.escaped' property='og:description'/>
<b:if cond='data:view.featuredImage'><meta expr:content='data:view.featuredImage' property='og:image'/><b:else/><meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgEFq9f1IBDFXjW3Zy6q6T_Wo80-XeKJFZ3XUgkQKyibsOurNZ_9ZdjhFv-zNCK7P_fx1Yzar6kqdAOtJQ78LKaulo1EjD4BdCGnvhczq7SYeIvjqBRVFvS8OjiHC1M9GYxHjDp7ydePY/s0/tulisanib+1280x720.png' property='og:image'/></b:if>
<!--[if IE]> <script> (function() { var html5 = ("abbr,article,aside,audio,canvas,datalist,details," + "figure,footer,header,hgroup,mark,menu,meter,nav,output," + "progress,section,time,video").split(','); for (var i = 0; i < html5.length; i++) { document.createElement(html5[i]); } try { document.execCommand('BackgroundImageCache', false, true); } catch(e) {} })(); </script> <![endif]-->

Cara Pemasangan Kode

  1. Pertama yang harus dilakukan yaitu hapus kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> dan ganti dengan kode di atas.
  2. Juga bagi yang ingin mengubah warna pada addres bar di browser mobile atau browser hp silahkan untuk mengganti kode warna #eeeeee pada meta tag theme-color dan msapplication-navbutton-color yang sudah saya tandai warna kuning di kode yang telah saya bagikan di atas dengan kode warna yang kamu inginkan.
  3. Ganti https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgEFq9f1IBDFXjW3Zy6q6T_Wo80-XeKJFZ3XUgkQKyibsOurNZ_9ZdjhFv-zNCK7P_fx1Yzar6kqdAOtJQ78LKaulo1EjD4BdCGnvhczq7SYeIvjqBRVFvS8OjiHC1M9GYxHjDp7ydePY/s0/tulisanib+1280x720.png yang sudah saya tandai warna kuning di kode yang telah saya bagikan di atas dengan link gambar blog kamu.
  4. Selesai.

Sekian apa yang penulis coba sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Artikel mengenai blogger lainnya: artikel "Bahayanya Menggunakan Lazy Load".

Daftar Pustaka

  • https://duarupa.blogspot.com/2017/05/membuat-blog-ringan-valid-html5-seo-friendly.html
  • https://bloggerbook.blakbin.com/2018/11/blogger-all-head-content.html
  • https://www.arlinadzgn.com/2017/01/meta-tag-seo-friendly-dan-valid-html5.html
  • https://www.dewaplokis.com/2019/11/meta-tag-seo-friendly-valid-html5.html
Link-link di atas ada yang menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya, harap nonaktifkan gambar pada browser jika ingin mengakses link-link web tersebut di dalam rumah karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam rumah.
Dari Jabir ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang gambar yang ada dalam rumah, beliau juga melarang membuat lukisannya." (HR. Tirmidzi no 1671, Maktabah al-Ma'arif no. 1749)
Baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang belum tahu caranya menonaktifkan gambar pada browser.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: September 01, 2020
  • Date Updated: 2021-03-03T02:27:03Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/09/kode-meta-tag-pengganti-kode-di.html

  • Share on Social Media