LOADING

Cara Membuat Akun Hostry dan Menggunakan Layanan Free DNS Hostry

Blogger

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel kali ini penulis akan memberikan sebuah tutorial bagaimana caranya membuat akun di web Hostry, cara menggunakan layanan Free DNS yang ada di web Hostry tersebut, cara menambahkan dan menghapus beberapa data record DNS pada DNS Manager web Hostry, cara menghapus DNS Manager, dan caranya keluar (logout) dari web Hostry.

Sebenarnya, penulis sendiri dulu awalnya mencoba Hostry ini dengan tujuan untuk iseng-iseng verifikasi DNS web TulisanIB di Google Search Console (Google Webmaster Tools), tetapi tidak bisa karena dulu web TulisanIB ini masih menggunakan subdomain blogspot.com (https://tulisanib.blogspot.com).

Apa Itu Hostry?

Bagi yang belum tahu apa itu Hostry berikut baca selengkapnya ya.

Hostry adalah sebuah industri penyedia hosting untuk website yang dibuat pada tahun 2006. Hostry bertempatkan atau berlokasi di Belanda, Amerika Serikat, Luksemburg, dan juga Rusia. Hostry juga telah bekerja sama dengan beragam perusahaan-perusahaan hardware, seperti Dell dan SuperMicro.

Hostry juga menyediakan layanan CDN (Content Delivery Network) dan DNS Manager yang bisa digunakan secara gratis (Free DNS).

Web Hostry menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.

Cara Membuat Akun Hostry

Sekarang kita beralih ke bagaimana caranya membuat akun di Hostry. Sebelumnya kalian harus memiliki email ya, karena ketika proses pendaftaran nanti kita akan membutuhkan email.

Baiklah, silahkan simak langkah-langkah berikut ini ya.
  1. Pertama, silahkan kalian menuju halaman daftar akun di web Hostry terlebih dahulu ya melalui link berikut:
    https://hostry.com/register/
  2. Masukkan email kalian di kolom yang tersedia. Lalu klik tombol SIGN UP.
    Create an account
  3. Isi data identitas diri kalian pada kolom-kolom yang telah disediakan. Ingat! Harus identitas asli, bukan palsu, karena ini termasuk syarat dalam mendaftarnya (lihat pada gambar di langkah nomor 4 yang sudah saya beri garis berwarna merah). Jika kalian kesulitan atau tidak bisa untuk melakukan scrolling ke bawah, silahkan gunakan tombol Tab di keyboard untuk pindah bagian atau pindah tempat.
    - Full Name: Isi nama lengkap kalian.
    - Isi nomor HP pada kolom yang terdapat icon gambar bendera, pilih icon bendera merah putih jika kamu orang Indonesia.
    - Password: Buat kata sandi baru.
    - Confirm Password: Samakan dengan isi yang kamu tulis yang ada di kolom Password.
    - Account type: Silahkan pilih akan dipergunakan untuk individual atau bisnis akun ini nantinya.
    - Pilih kamu warga negara mana yang berada di bawah tulisan Personal Address.
    - City: Isi dengan nama kota di mana kamu tinggal sekarang.
    - Postal/Zip Code: Kode pos di daerah tempat kamu tinggal.
  4. Beri tanda centang pada "By Clicking Agree and Continue, I hereby:" lalu klik tombol AGREE AND CONTINUE.
    AGREE AND CONTINUE
  5. Akan terdapat pesan bertuliskan Thank You For Registration on Hostry.
    Thank You For Registration on Hostry
  6. Sampai di sini, silahkan buka email kalian karena telah dikirimkan pesan verifikasi akun Hostry buatan milikmu ke email yang kalian gunakan untuk mendaftar tadi.
    Biasanya terdapat gambar makhluk bernyawa pada email di dalam web-nya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.
  7. Klik pada tombol ACTIVATE ACCOUNT yang berwarna kuning.
    ACTIVATE ACCOUNT
  8. Apabila terbuka halaman di tab baru yang bertuliskan "E-Mail validated success on" itu berarti akun Hostry kalian telah berhasil terverifikasi. Silahkan klik tombol atau tulisan LOGIN PAGE untuk menuju ke halaman login.
    E-Mail validated success on
  9. Lalu masukkan email yang tadi kamu gunakan untuk mendaftar dan kata sandi yang telah kamu buat pada saat proses membuat akun tadi pada kolom yang telah tersedia untuk masuk ke dalam akun Hostry milikmu.
  10. Lalu klik tombol SIGN IN.
    Login to your account
  11. Selamat kalian telah mendaftar dan masuk menggunakan akun Hostry buatanmu.


Mudan bukan membuat akun di web Hostry?

Cara Menggunakan Free DNS Manager Hostry

Sekarang penulis akan memberitahukan caranya menggunakan DNS Manager di Hostry yang telah disediakan secara gratis untuk kita gunakan. Oh iya, DNS Manager milik Hostry ini tidak support atau tidak bisa untuk subdomain blogspot.com, contohnya seperti alamat berikut ini: https://tulisanib.blogspot.com.

Kenapa tidak bisa? Karena nanti diperlukan proses penggantian atau penambahan data record DNS type Name Servers milik Hostry di penyedia domain yang domain-nya kamu daftarkan ke DNS Manager Hostry, kalau domain-nya itu subdomain blogspot.com yang mengelola dan yang mengurus adalah dari pihak Blogger.com dan kita tidak bisa mengotak-atiknya, itu sudah jadi tanggung jawab pihak Blogger.com.

a. Cara Menghubungkan Domain dengan DNS Manager Hostry

Baiklah langsung saja simak berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama kalian harus masuk dulu menggunakan akun Hostry milik kalian. Silahkan buka website Hostry terlebih dahulu melalui link berikut:
    https://hostry.com
  2. Lalu klik pada tulisan "LOG IN" yang berada di pojok kanan atas di samping kirinya tombol "SIGN UP", atau kalau kalian yang ingin cepat bisa langsung mengunjungi link berikut:
    https://hostry.com/login/
    LOG IN
  3. Isi email dan password akun Hostry kalian pada kolom yang telah tersedia lalu klik tombol SIGN IN yang berwarna merah muda (pink) untuk masuk ke akun Hostry kalian.
    Login to your account
  4. Tunggu sampai loading selesai.
    Loading...
  5. Kalau sudah masuk, maka kalian akan berada di profil akun Hostry kalian, silahkan klik tulisan SERVICES di bagian menu-menu paling atas. Lalu klik Free DNS.
    Free DNS
  6. Lalu scroll atau menuju ke bawah dan temukan tulisan berjudul "Register and use DNS for free", jika kesulitan atau tidak bisa melakukan scroll ke bawah silahkan gunakan tombol Tab pada keyboard untuk berpindah-pindah tempat. Lalu klik tombol START FREE DNS yang berwarna merah muda (pink).
    START FREE DNS
  7. Tulis domain kalian di kolom yang berada di bawahnya tulisan "Your Domain:" lalu klik tombol CREATE berwarna merah muda (pink) yang berada di kanan bawah.
    Enter Your Domain Name
  8. Akan muncul kotak persegi panjang berwarna hitam bertuliskan "In progress creation ..." di depan tombol "CREATE", tunggu sampai DNS Manager dari domain yang kalian tulis tadi selesai terbuat.
    In progress creation ...
  9. Jika DNS Manager sudah terbuat, lalu klik tulisan FREE atau icon gir di sebelah kanannya.
    Services That You are Already Using
  10. Maka menu pengaturan DNS Manager untuk domain kalian telah terbuka. Sampai di sini langkah selanjutnya adalah mengganti atau menambahkan Name Servers (NS) milik Hostry ke penyedia domain milik kalian. Silahkan copy keempat data record type Name Servers dari Hostry tersebut, lakukan satu persatu.
    Name Servers Hostry
  11. Lalu paste atau masukkan data record DNS type Name Servers dari Hostry tadi sebelumnya pada kolom Name Servers di penyedia domain milik kalian, lakukan satu persatu. Contohnya di sini saya memasukkannya pada penyedia domain tulisanib.eu.org milik saya di web nic.eu.org.
  12. Kalau sudah selesai mengganti atau menambahkan Name Servers (NS) milik Hostry ke penyedia domain milik kalian, lalu save atau simpan atau klik tombol "Submit", sesuaikan dengan penyedia domain milik kalian.
    Name servers


b. Cara Menambahkan Data A Pada Konfigurasi DNS Hostry

Sekarang penulis ingin memberikan tutorial bagaimana caranya menambahkan data A pada konfigurasi DNS Hostry. Langsung simak tutorial di bawah ini.
  1. Pada bagian Type pilih A.
  2. Isi kolom Subdomain dengan subdomain dari domain utama milik kalian (contohnya: berita.tulisanib.com maka ditulis atau diisi dengan "berita"), atau biarkan saja apa adanya jika untuk domain utama kalian (contohnya: www.tulisanib.com maka biarkan saja tertulis "@").
  3. Isi kolom IP Address.
  4. Pada "TTL, sec" biarkan apa adanya, jangan dirubah, jangan diotak-atik.
  5. Lalu klik tombol ADD yang berwarna merah muda (pink) yang berada di sebelah kanan bawah.
    Menambahkan Data Record DNS Type A di DNS Manager Hostry
  6. Apabila muncul pesan di kanan bawah bertuliskan "Added record success!" itu berarti kita berhasil menambahkan data A pada konfigurasi DNS Hostry.
    Added record success!
  7. Datanya bisa kalian lihat pada tabel di bawahnya. Kalau kesulitan atau kesusahan tekan tombol Tab pada keyboard untuk berpindah tempat. Jika masih tidak kelihatan, halamannya bisa di zoom out (diperkecil) dengan menekan tombol "Ctrl" + "-" pada keyboard dan tentukan sampai ukuran 67%.
    Data Record DNS Type A Sudah Ditambahkan


c. Cara Menambahkan Data CNAME Pada Konfigurasi DNS Hostry

Sekarang penulis ingin memberikan tutorial bagaimana caranya menambahkan data CNAME pada konfigurasi DNS Hostry. Langsung simak saja tutorial di bawah ini.
  1. Pada bagian Type pilih CNAME.
  2. Isi kolom Subdomain dengan subdomain dari domain utama milik kalian (contohnya: berita.tulisanib.com maka ditulis atau diisi dengan "berita"), atau biarkan saja apa adanya jika untuk domain utama kalian (contohnya: www.tulisanib.com maka biarkan saja tertulis "@").
  3. Isi kolom Domain.
  4. Pada "TTL, sec" biarkan apa adanya, jangan dirubah, jangan diotak-atik.
  5. Lalu klik tombol ADD yang berwarna merah muda (pink) yang berada di sebelah kanan bawah.
    Menambahkan Data Record DNS Type CNAME di DNS Manager Hostry
  6. Apabila muncul pesan di kanan bawah bertuliskan "Added record success!" itu berarti kita berhasil menambahkan data CNAME pada konfigurasi DNS Hostry.
    Added record success!
  7. Datanya bisa kalian lihat pada tabel di bawahnya. Kalau kesulitan atau kesusahan tekan tombol Tab pada keyboard untuk berpindah tempat. Jika masih tidak kelihatan, halamannya bisa di zoom out (diperkecil) dengan menekan tombol "Ctrl" + "-" pada keyboard dan tentukan sampai ukuran 67%.
    Data Record DNS Type CNAME Sudah Ditambahkan


d. Cara Menambahkan Data TXT Pada Konfigurasi DNS Hostry

Sekarang penulis ingin memberikan tutorial bagaimana caranya menambahkan data TXT pada konfigurasi DNS Hostry. Langsung cek caranya di bawah ini.
  1. Pada bagian Type pilih TXT.
  2. Isi kolom Subdomain dengan subdomain dari domain utama milik kalian (contohnya: berita.tulisanib.com maka ditulis atau diisi dengan "berita"), atau biarkan saja apa adanya jika untuk domain utama kalian (contohnya: www.tulisanib.com maka biarkan saja tertulis "@").
  3. Isi kolom Value.
  4. Pada "TTL, sec" biarkan apa adanya, jangan dirubah, jangan diotak-atik.
  5. Lalu klik tombol ADD yang berwarna merah muda (pink) yang berada di sebelah kanan bawah.
    Add Record DNS Type TXT
  6. Apabila muncul pesan di kanan bawah bertuliskan "Added record success!" itu berarti kita berhasil menambahkan data TXT pada konfigurasi DNS Hostry.
    Added record success!
  7. Datanya bisa kalian lihat pada tabel di bawahnya. Kalau kesulitan atau kesusahan tekan tombol Tab pada keyboard untuk berpindah tempat.
    Record DNS Type TXT Sudah Ditambahkan


e. Cara Menghapus Data Record DNS di DNS Manager Hostry

Bagi kalian yang ingin menghapus data record DNS di DNS Manager Hostry tetapi belum mengetahui caranya silahkan simak tutorialnya yang telah saya tulis berikut di bawah ini.
  1. Pertama kalian masuk dulu ke DNS Manager domain yang ingin kalian hapus data record-nya di Hostry.
  2. Pada tabel data-data record DNS di bawah silahkan lihat-lihat terlebih dahulu mau data record DNS yang mana yang mau dihapus.
  3. Klik pada icon bergambar tong sampah berwarna hitam di sisi paling kanan tabel salah satu data record DNS untuk menghapus data record DNS tersebut, lihat pada gambar di bawah yang saya beri kotak berwarna biru kehitaman.
    Menghapus Data Record DNS di DNS Manager Hostry
  4. Apabila data record DNS yang tadi kalian klik icon bergambar tong sampah menghilang dan muncul kotak persegi panjang bertuliskan "Record deleted success!" itu tandanya kalian telah berhasil menghapus data record DNS di DNS Manager Hostry.
    Record deleted success!
  5. Selesai.


f. Cara Menghapus Free DNS Manager Hostry

Apakah pembaca sekalian ingin menghapus DNS Manager Hostry domain kalian? Jika ingin menghapusnya kalian bisa membaca tutorial atau cara-caranya di bawah ini.
  1. Masuk ke DNS Manager Hostry domain yang kalian mau hapus.
  2. Lalu scroll atau menuju ke bawah. Jika kesulitan, gunakan tombol Tab pada keyboard untuk menuju ke bawah.
  3. Maka akan dijumpai tombol DELETE yang gambarnya icon tong sampah, letaknya tepat di atasnya tombol BACK TO SERVICES. Klik tombol DELETE tersebut.
    DELETE
  4. Akan muncul pesan atau pop-up yang berjudul "Confirmation of deletion". Langsung saja tekan tombol DELETE berwarna merah muda (pink) yang berada di kanan bawah untuk menghapusnya.
    Confirmation of deletion
  5. Maka akan muncul pesan kotak berwarna hitam yang bertuliskan "Service deletion initiated" di kanan bawah. Tunggu sebentar saja karena masih dalam proses penghapusan.
    Service deletion initiated
  6. Jika terdapat atau muncul kotak berwarna hijau dengan tanda centang bertuliskan Service "DNS #XXXXXX" has been deleted (XXXXXX adalah nomor dari DNS Manager domain kita di Hostry) seperti pada gambar di bawah, itu tandanya domain konfigurasi DNS Manager Hostry sudah terhapus.
    Service has been deleted
  7. Selesai.


Cara Keluar (Logout) dari Akun Hostry

Untuk keluar dari akun Hostry caranya sangat mudah sekali. Silahkan lakukan seperti pada tutorial berikut ini.
  1. Klik pada lingkaran yang berada di pojok kanan atas.
  2. Lalu klik Exit seperti pada gambar di bawah.
    Exit
  3. Maka kita akan keluar (logout) dari akun Hostry.
  4. Selesai.


Kesimpulan

Untuk tutorial menambahkan data konfigurasi DNS Hostry lainnya seperti AAAA, MX, NS (Name Servers), dan SRV di DNS Manager Hostry maaf tidak penulis jabarkan dan lakukan, mungkin bisa menyesuaikan dengan tutorial pada tiga data konfigurasi DNS di atas. Pilih Type-nya, lalu tinggal mengisi dua kolom yang telah disediakan, lalu klik tombol ADD seperti pada cara tiga data konfigurasi DNS di atas sebelumnya, Allahu a'lam.

Sekian, semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang sedang membutuhkan tutorial ini, dan semoga tutorialnya jelas dan bisa dengan mudah dipahami. Artikel tentang blogger lainnya: "Cara Pasang Font Google Fonts di Blog Blogspot (Blogger.com)".
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Desember 08, 2020
  • Date Updated: 2024-04-22T03:37:00Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/12/buat-akun-dns-hostry.html

  • Share on Social Media