Cara Verifikasi Google Search Console Menggunakan Penyedia Nama Domain (DNS)

Blogger

Selamat datang di web TulisanIB. Kali ini penulis akan memberikan sebuah tutorial bagaimana caranya verifikasi di Google Search Console menggunakan metode verifikasi "Penyedia nama domain".

Verifikasi menggunakan metode verifikasi "Penyedia nama domain" adalah metode verifikasi website di webmaster Google Search Console yang dilakukan dengan cara mengaitkan dns milik domain website atau blog yang terdaftar di webmaster Google Search Console dengan dns milik Google.

Jadi harap pastikan website atau blog kalian tidak menggunakan subdomain blogspot.com (contohnya seperti: tulisanib.blogspot.com) jika kalian menggunakan Blogspot atau Blogger.com, dikarenakan verifikasi ini akan dilakukan di DNS Manager pada domain atau subdomain yang kamu miliki.

Sedangkan jika kamu masih menggunakan subdomain blogspot.com maka tidak bisa, sebab subdomain blogspot.com ini kita tidak bisa mengubah, mengelola, dan mengotak-atiknya.

Kenapa kita tidak bisa mengelola subdomain blogspot.com ini? Karena kita hanya numpang di Blogger.com, jadi yang mengelola dan mengotak-atik subdomain blogspot.com itu sendiri adalah dari pihak Blogger.com. Itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mereka dan kita tidak perlu memikirkan DNS Manager selama website atau blog kita masih menggunakan subdomain blogspot.com.

Berbeda jika kalian membeli atau mempunyai domain atau subdomain milik kalian sendiri (tentunya yang full control), maka kalian bisa menambahkan sendiri DNS pada domain atau subdomain kalian di DNS Manager domain atau subdomain kalian.

Penulis sendiri sudah mencoba untuk melalukan verifikasi menggunakan metode "Penyedia nama domain" pada Google Search Console untuk web TulisanIB ketika masih menggunakan subdomain blogspot saat masih beralamat tulisanib.blogspot.com, akan tetapi tidak bisa, dikarenakan web TulisanIB saat itu masih menggunakan subdomain blogspot.com.

Waktu itu saat web TulisanIB ini masih menggunakan subdomain blogspot.com (tulisanib.blogspot.com), penulis mencoba iseng-iseng menggunakan layanan free DNS dari Hostry untuk menambahkan data DNS ke web TulisanIB barangkali bisa, akan tetapi tidak bisa karena DNS Manager dari Hostry ini mengharuskan kita untuk menambahkan Nameserver milik Hostry ke domain atau subdomain kita, jadi tidak bisa deh.

Baiklah berikut di bawah ini langkah-langkahnya untuk melakukan verifikasi Google Search Console menggunakan metode "Penyedia nama domain". Silahkan disimak ya.
  1. Buka dulu webmaster Google Search Console melalui link berikut:
    https://search.google.com/search-console
    Google Search Console menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser. Saran saya gunakan ekstensi saja untuk menonaktifkan gambarnya agar gambar masih dihidupkan ketika ingin melihat kinerja statistik dan lain-lain.
  2. Bagi yang sudah mendaftar di webmaster Google Search Console akan tetapi belum melakukan verifikasi menggunakan metode "Penyedia nama domain" ini bisa menuju ke Setelan yang berada di bilah menu sebelah kiri di bawahnya Tautan dan dropdown Laporan dan fitur lama.
    Setelan
  3. Lalu klik "Verifikasi kepemilikan" yang berada di bagian "Setelan properti".
    Verifikasi kepemilikan
  4. Pada "Metode verifikasi tambahan" silahkan klik pada kotak yang bertuliskan "Penyedia nama domain".
    Penyedia nama domain
  5. Silahkan klik tombol SALIN yang berada di sebelah kanan untuk menyalin data DNS type TXT yang akan digunakan untuk verifikasi Google Search Console.
    Salin Data TXT
  6. Apabila muncul pesan kotak hitam bertuliskan "Disalin ke papan klip" itu artinya data DNS type TXT tadi telah berhasil kita copy.
    Disalin ke papan klip
  7. Sekarang silahkan buka DNS Manager domain yang kalian gunakan.
  8. Pilih type TXT.
  9. Jika yang kalian verifikasi di Google Search Console adalah domain utama (contoh: www.tulisanib.com) maka pada kolom yang disediakan biarkan apa adanya (biasanya tertulis @ atau alamat domain utama kalian), kalau yang kalian verifikasi di Google Search Console adalah subdomain dari domain utama (contoh: berita.tulisanib.com) maka pada kolom yang disediakan isikan nama subdomain kalian (contoh: berita). Di DNS Manager Hostry kolom ini bertuliskan atau berjudul "Subdomain", untuk DNS Manager yang lain mungkin bisa saja berbeda, silahkan menyesuaikan, mungkin bertuliskan atau berjudul "Name".
  10. Pada bagian Value (atau mungkin kalau di DNS Manager yang lain bertuliskan "Record"), silahkan isi kolom tersebut dengan paste data TXT yang tadi kita salin atau copy dari metode "Penyedia nama domain" di Google Search Console.
  11. Pada bagian "TTL, sec" (atau mungkin di DNS Manager yang lain hanya bertuliskan "TTL") biarkan saja apa adanya, jangan diotak-atik, jangan dirubah.
  12. Lalu klik tombol ADD (atau mungkin di DNS Manager yang lain bertuliskan "ADD RECORD") untuk menambahkan data type TXT ini pada DNS domain kalian.
    Add Record DNS Type TXT
  13. Apabila muncul pesan di kanan bawah bertuliskan "Added record success!" itu berarti berhasil menambahkan data TXT pada konfigurasi DNS Hostry (untuk DNS Manager yang lain silahkan menyesuaikan ya).
    Added record success!
  14. Cek apakah data DNS type TXT ini sudah ditambahkan atau masuk ke DNS Manager kalian.
    Record DNS Type TXT Sudah Ditambahkan
  15. Jika sudah ditambahkan atau masuk ke DNS Manager kalian, kalian bisa membuka kembali Google Search Console, lalu mengeklik tombol Verifikasi.
    VERIFIKASI


Jika proses verifikasi telah berhasil atau sukses, jangan dihapus data DNS type TXT yang berada di DNS Manager kalian, supaya tidak terjadi pembatalan verifikasi.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di artikel tutorial Cara Verifikasi Google Search Console Menggunakan Penyedia Nama Domain (DNS) ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi yang sedang membutuhkan tutorial ini. Artikel tentang blogger lainnya yang sudah penulis tulis: "Cara Hapus Blog Blogspot (Blogger.com)".
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Desember 10, 2020
  • Date Updated: 2024-04-22T03:51:53Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/12/verifikasi-dns-gsc.html

  • Share on Social Media