Cara Buat Blog di Blogger.com (Blogspot), Gratis!

Blogger

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel kali ini penulis akan menunjukkan sebuah tutorial bagaimana caranya membuat sebuah blog atau website di platform Blogger.com atau yang dikenal juga dengan sebutan Blogspot secara gratis tanpa membayar sedikitpun.

Website Blogger.com menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya, bagi yang ingin menonaktifkan gambar yang berada di website Blogger.com tetapi belum tahu caranya bisa membaca artikel yang sudah penulis tulis sebelumnya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang belum tahu caranya menonaktifkan gambar pada browser.

Penulis telah menghilangkan gambar pada browser di website Blogger.com dan https://accounts.google.com/, jadi kalian tidak akan menemukan gambar makhluk bernyawa pada gambar langkah-langkah di artikel ini.

Cara Buat Blog di Blogger.com (Blogspot), Gratis!

Membuat blog atau website di Blogger.com atau Blogspot itu gratis dan tidak dipungut biaya.

Kenapa? Karena kita tidak perlu membeli hosting dan juga tidak perlu membeli domain karena sudah disediakan unlimited hosting dan bandwidth serta juga sudah diberikan subdomain oleh pihak Blogger.com dengan subdomain ".blogspot.com", kalau kalian ingin ubah dengan sebuah domain juga bisa kok.

Tetapi dengan kekurangan kita tidak bisa mengupload file ke root hosting penyimpanan blog atau website kita, jadi harus menggunakan hosting atau penyimpanan pihak ketiga.

Membuat blog atau website di Blogger.com alias Blogspot itu sangat mudah sekali caranya, tetapi kalian hapus punya akun Google atau akun Gmail terlebih dahulu. Jika kalian tidak punya akun Google atau akun Gmail, kalian tidak bisa membuat blog atau website di Blogger.com atau Blogspot.

Dulu kurang lebih sekitar tahun 2010-an Blogger.com atau Blogspot bisa membuat blog atau website tidak menggunakan akun Google atau Gmail, tetapi menggunakan akun email Yahoo!.

Untuk sekarang ini tidak bisa lagi login atau masuk menggunakan akun email Yahoo! kecuali kalau di email Yahoo! tersebut sudah ada blog berplatform Blogspot-nya.

Maka dari itu terdapat blog berplatform Blogspot jaman dulu yang ditemukan menggunakan akun Yahoo!, blog jaman dulu juga memiliki jumlah pageviews yang lumayan besar untuk satu artikel, ada satu artikel yang memiliki pageviews bisa sampai 10 ribuan pageviews, banyak sekali ya.

Dan apakah kalian tahu kalau ternyata blog berplatform Blogspot yang login menggunakan Yahoo! itu sangat rentan bisa dihack atau diambil alih blog atau website-nya.

"Apa benar nih?" Benar, dikarenakan sekarang pihak Yahoo! telah memberikan peraturan akan menghapus email lama yang tidak aktif selama waktu tertentu untuk memberikan kesempatan pada pengguna baru agar bisa membuat email Yahoo! dengan alamat email yang mereka sukai tetapi telah dipakai oleh orang lain sebelumnya.

"Jadi dimana letak kerentanannya?" Apabila ada orang lain yang membuat email dengan alamat email yang sama persis dengan email Yahoo! yang telah dihapus dan ada blog Blogspot-nya maka blog ini dapat diakses oleh orang baru tadi jika dia login ke Blogger.com menggunakan email Yahoo! tadi, sudah paham 'kan?

Jadi bagi kalian yang punya blog atau website berplatform Blogger.com atau Blogspot tetapi masih login atau masuk menggunakan email Yahoo!, segera ganti email kalian ke email Google atau Gmail agar lebih aman dan rubah kepemilikan admin blog atau website kalian ke email Google atau Gmail baru kalian.

I. Membuat Blog Atau Website Baru di Blogger.com (Blogspot)

Jika di akun Google atau Gmail yang kalian pakai belum pernah membuat blog di Blogger.com sebelumnya maka bisa mengikuti tutorial ini.

Baiklah, bagi yang ingin membuat blog atau website baru di Blogger.com atau Blogspot silahkan berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Pertama, masuk dulu ke web Blogger.com di link berikut ini:
    https://www.blogger.com
  2. Kalau sudah masuk ke web Blogger.com, silahkan klik pada tombol berwarna orange yang bertuliskan "BUAT BLOG" untuk membuat blog di Blogger.com atau Blogspot.
    BUAT BLOG
  3. Silahkan login atau masuk terlebih dahulu menggunakan akun Google atau akun Gmail.
    Login Lanjutkan ke Blogger
  4. Jika muncul pesan dengan dua kotak untuk menambahkan alamat rumah dan konfirmasi email pemulihan atau nomor telepon, kalian bisa isi alamat rumah serta email pemulihan atau nomor telepon kalian, atau kalian bisa skip atau lewati saja dengan cara mengklik tulisan "Jangan sekarang".
    Jangan sekarang
  5. Akan beralih halaman ke halaman yang terdapat kotak dengan judul "Pilih nama untuk blog Anda", silahkan tulis nama untuk blog atau website yang akan kalian buat di kolom yang tersedia.
  6. Lalu klik tulisan "BERIKUTNYA" untuk lanjut ke langkah selanjutnya.
    Pilih nama untuk blog Anda
  7. Akan beralih ke langkah selanjutnya yang berjudul "Pilih URL untuk blog Anda", silahkan tuliskan alamat link internet atau URL untuk blog atau website yang akan kalian buat di kolom yang telah disediakan. Jika alamat tidak tersedia, ganti atau buat alamat link dengan alamat yang lain.
  8. Lalu klik tulisan "BERIKUTNYA" untuk menuju ke langkah berikutnya.
    Pilih URL untuk blog Anda
  9. Sekarang kita sampai di langkah yang berjudul "Konfirmasikan nama tampilan Anda", nama ini digunakan untuk akun Blogger kalian. Akun Blogger ini akan tampil atau muncul ketika kalian membalas komentar pengunjung di blog atau website kalian, berkomentar di blog atau website orang lain yang berplatform Blogger atau Blogspot, dan ketika kalian memasang widget profil penulis di blog atau website kalian. Akun Blogger ini boleh berbeda dengan nama akun Google kalian, contoh: nama di akun Google kalian "Rayhan Syahputra", kalian boleh isi dengan nama panggilan kalian, contoh "Mas Rayhan" atau yang lainnya. Di sini saya menuliskan nama "Admin TulisanIB".
  10. Lalu klik tulisan "SELESAI" untuk membuat blog atau website kalian di platform Blogger atau Blogspot.
    Konfirmasikan nama tampilan Anda
  11. Maka akan muncul kotak dengan pesan bertuliskan "Memproses...", tunggu sebentar lagi.
    Memproses...
  12. Akan muncul kotak lagi dengan pesan bertuliskan "Nama yang ditampilkan diperbarui", tunggu sebentar lagi sampai blog kalian benar-benar telah dibuat.
    Nama yang ditampilkan diperbarui
  13. Jika kalian dialihkan menuju ke dashboard blog atau website kalian dan muncul kotak dengan pesan bertuliskan "Blog dibuat", selamat kalian berhasil membuat blog atau website di Blogger.com.
    Blog dibuat
  14. Kalau kalian ingin melihat bagaimana tampang atau rupa blog kalian, kalian bisa menuliskan alamat link atau URL blog atau website yang barusan kalian buat di address bar browser yang kalian gunakan, atau kalian klik saja menu yang bertuliskan "Lihat blog" di bilah menu sebelah kiri untuk melihat bagaimana tampilan blog atau website yang barusan telah kalian buat.
    Lihat blog
  15. Selesai, beginilah tampang blog atau website saya yang bernama "Negeri Berkah", masih belum ada artikelnya.
    Tampilan Blog Atau Website yang Telah Kalian Buat Barusan


Bagaimana apakah blog atau website kalian sudah jadi? Masih belum paham? Kalau belum paham langkah-langkah di atas bisa diulangi lagi membacanya agar bisa menjadi paham.

Tutorial di atas penulis praktikkan pada tanggal 10 Maret 2021 pada pukul 14.35.31 sampai 14.40.53 Waktu Indonesia Barat, jadi apabila berbeda silahkan untuk menyesuaikan ya.

II. Membuat Blog Atau Website Lagi Jika Sebelumnya Telah Membuat Blog di Blogger.com (Blogspot)

Jika di akun Google atau Gmail kalian telah ada blog atau website-nya atau sebelumnya kalian telah membuat blog atau website di Blogger.com alias Blogspot maka bisa mengikuti tutorial berikut di bawah ini.

Untuk caranya membuat blog atau website-nya hampir sama seperti cara atau langkah-langkah membuat blog atau website sebelumnya.
  1. Pertama, pastikan kalian telah masuk ke dashboard Blogger.com.
  2. Yang kedua, kalian klik pada nama atau judul blog di bilah menu sebelah kiri yang ada di dashboard Blogger.com tersebut.
    Klik Pada Nama Blog Atau Website Kalian Saat Ini
  3. Akan muncul list atau daftar dari blog-blog di akun Google atau Gmail kalian, klik pada tulisan "Blog Baru..." untuk membuat blog atau website lagi.
    Blog Baru...
  4. Lalu muncul kotak yang berjudul "Pilih nama untuk blog Anda", silahkan tulis nama blog atau website yang ingin kalian buat di kolom yang telah disediakan.
  5. Lalu klik tulisan "BERIKUTNYA" yang berwarna orange untuk berlanjut ke langkah selanjutnya.
    Pilih nama untuk blog Anda
  6. Akan masuk ke tahap "Pilih URL untuk blog Anda", silahkan tulis alamat link atau URL dari blog atau website yang ingin kalian buat di kolom yang telah tersedia. Jika alamat tidak tersedia maka ganti dan tulis dengan alamat atau URL yang lain.
  7. Lalu klik tulisan "SIMPAN" yang berwarna orange untuk memproses pembuatan blog atau website kalian.
    Pilih URL untuk blog Anda
  8. Akan muncul kotak berwarna hitam bertuliskan "Memproses...", tunggu sebentar saja.
    Memproses...
  9. Apabila muncul kotak dengan tulisan "Blog dibuat" dan kalian dialihkan ke dashboard blog kalian yang barusan dibuat itu artinya blog kalian telah sukses berhasil dibuat.
    Blog dibuat
  10. Jika ingin melihat bagaimana tampilan website yang barusan kalian buat, kalian bisa mengklik tulisan "Lihat blog" yang berwarna hijau tua di bilah menu sebelah kiri.
    Lihat blog
  11. Selesai, maka akan dibukakan tab baru menuju ke website yang barusan kalian buat, masih belum ada artikelnya.
    Tampilan Blog Atau Website Kalian yang Telah Kalian Buat Tadi


Gampang sekali bukan? Insya Allah gampang sekali, kalau masih belum paham dan bingung bisa diulangi lagi membacanya.

Tutorial langkah-langkah di atas penulis praktikkan pada hari Rabu tanggal 24 Maret 2021 pada jam 16.56.07 sampai jam 16.58.27, jika berbeda dengan cara di atas tadi silahkan untuk menyesuaikan ya.

Cara Keluar (Logout) dari Blogger.com

Bagi kalian yang ingin keluar atau logout dari dashboard blog atau website kalian di Blogger.com alias Blogspot tetapi belum mengetahui caranya bisa membaca tutorial berikut di bawah ini. Semoga bermanfaat.
  1. Klik pada pojok kanan atas yang ketika di dekatkan dengan mouse akan muncul lingkaran abu-abu.
    Akun Google
  2. Maka akan muncul sebuah kotak, klik pada tombol yang bertuliskan "Keluar".
    Keluar
  3. Akan muncul tulisan "Harap tunggu...", tunggu sebentar saja maka akan dialihkan ke halaman pilih akun Google yang kalian gunakan.
    Harap tunggu..
  4. Klik pada tulisan "Hapus akun" jika ingin menghilangkan akun Google kalian dari daftar akun tersebut.
    Hapus akun
  5. Klik pada akun Google yang ingin kalian hilangkan dari daftar akun Google tersebut.
    Hapus dari browser ini
  6. Akan muncul kotak dengan judul "Hapus akun?", silahkan klik pada tulisan "Ya, hapus". Tenang, ini bukan menghapus akun Google atau akun Gmail kalian, akan tetapi hanya menghilangkannya dari daftar-daftar akun Google di browser yang kalian gunakan saat ini.
    Ya, hapus
  7. Jika berhasil maka akan dialihkan ke halaman login menggunakan akun Google atau Gmail.
    Login Lanjutkan ke Blogger
  8. Selesai, sekarang akun Google atau akun Gmail kalian sudah menghilang dari browser yang kalian gunakan saat ini.


Cukup mudah bukan caranya logout atau keluar dari dashboard Blogger.com? Insya Allah mudah sekali, kalau masih bingung atau kurang jelas bisa diulangi lagi membacanya di atas.

Langkah-langkah di atas penulis lakukan pada tanggal 10 Maret 2021 pada pukul 14.41 Waktu Indonesia Barat, apabila berbeda silahkan menyesuaikan ya.

Kesimpulan

Membuat blog atau website berplatform Blogger.com atau Blogspot itu sangat mudah sekali seperti apa yang telah penulis jelaskan pada tutorial di atas tadi.

Kita juga tidak perlu pusing memikirkan bandwidth, biaya hosting, dan biaya domain (kalau kita tidak menyewa domain) karena sudah gratis.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di tutorial Cara Buat Blog di Blogger.com (Blogspot), Gratis! ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua orang dan terutama bagi yang sedang membutuhkan artikel ini.

Artikel di Rubrik Blogger lainnya yang mungkin kamu tertarik untuk membacanya: "Cara Membuat Kotak Catatan (Blockquote) Keren Seperti TulisanIB di Blog Blogspot (Blogger.com)".
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Juni 03, 2021
  • Date Updated: 2024-04-22T03:36:20Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/06/cara-buat-blog-di-blogger-blogspot.html

  • Share on Social Media