Cara Redirect Tanpa Script dan Tanpa Koding di Blogger.com (Blogspot)

Cara Redirect Tanpa Script dan Tanpa Koding di Blogger.com (Blogspot)

Selamat datang di web TulisanIB. Artikel kali ini akan membahas sebuah tutorial bagaimana caranya redirect link atau URL di blog berplatform Blogger.com atau Blogspot tanpa menggunakan script dan tanpa koding.

Bagi yang belum tahu apa itu redirect berikut penulis jelaskan, redirect adalah usaha untuk mengalihkan pengunjung (visitor) dari link tertentu menuju ke link lainnya yang berbeda.

Perlu untuk diketahui juga, melakukan redirect link atau URL di blog berplatform Blogger.com atau Blogspot tanpa koding ini hanya bisa dilakukan untuk mengalihkan ke link internal blog atau website saja dan tidak bisa mengalihkan menuju ke link eskternal atau ke link luar blog atau website kita.

Jadi kalau mau meredirect menuju ke link eskternal bisa menggunakan script atau kode javascript.

Baiklah, berikut di bawah ini langkah-langkah cara redirect link atau URL tanpa script dan tanpa kodingnya.
  1. Pertama, kalian masuk terlebih dahulu ke dashboard blog atau website kalian di Blogger.com.
    Perhatian, di website Blogger.com terdapat gambar makhluk bernyawanya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website Blogger.com tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.
  2. Jika sudah berada di dashboard blog atau website kalian, silahkan masuk ke menu "Setelan" di bilah menu sebelah kiri.
  3. Lalu pada bagian "Error dan pengalihan", silahkan klik pada tulisan "Pengalihan khusus".
    Pengalihan khusus
  4. Klik pada tulisan "TAMBAHKAN" yang berwarna hitam di bawah sebelah paling kiri.
    TAMBAHKAN
  5. Maka akan muncul sebuah kotak baru. Tulis atau taruh link yang akan diredirect di kolom yang bertuliskan "Dari".
  6. Tulis atau taruh link yang akan menjadi tempat lokasi redirect di kolom yang bertuliskan "Ke". Jika ingin diredirect menuju ke homepage atau halaman beranda, tuliskan "/" saja tanpa tanda petik pada kolom yang telah disediakan.
  7. Hidupkan tombol "Permanen" menjadi hijau (direkomendasikan). Ini optional, boleh kalian hidupkan atau tidak. Jika dihidupkan akan menjadi redirect permanen (Redirect 301), jika tidak dihidupkan akan menjadi redirect tidak permanen atau sementara (Redirect 302).
  8. Lalu klik tulisan "OKE" yang berwarna orange.
    Menambahkan Link yang Akan Diberi Redirect
  9. Eitss... Ini masih belum selesai. Klik pada opsi redirect yang telah kita buat atau tambahkan tadi.
    Klik Link Redirect yang Barusan Dibuat
  10. Akan muncul kotak baru. Silahkan ubah isi kolom yang berjudul "Dari". Hapus link awalan homepage blog atau website kalian, dari https ... sampai... .com/.
  11. Ubah isi kolom yang berjudul "Ke" dan hapus satu garis miring-nya sehingga menjadi "/" jika ingin dialihkan ke homepage atau beranda blog atau website kalian. Jika kalian ingin mengalihkan ke halaman lain caranya sama seperti langkah nomor 10 yaitu hapus link awalan blog atau website kalian, dari https ...sampai... .com/.
  12. Maka jadinya seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan klik tulisan "OKE" yang berwarna orange.
    Ubah Struktur URL
  13. Sekarang klik pada tulisan "SIMPAN" yang berwarna orange yang berada di paling kanan untuk menyimpan opsi redirect yang barusan kita tambahkan tadi.
    SIMPAN
  14. Jika muncul kotak bertuliskan "Setelan diperbarui" dan jumlah item di "Pengalihan khusus" bertambah dari sebelumnya, selamat itu artinya kalian telah berhasil menyimpan opsi redirect yang tadi telah kita buat.
    Setelan diperbarui
  15. Selesai, sekarang kalian bisa coba cek sendiri secara manual apakah link tersebut telah berhasil terredirect ataukah belum dengan cara mengunjungi atau membuka link yang telah kita tambahkan di opsi redirect tadi sebelumnya.


Bagaimana apakah sukses bisa di-redirect? Bisa 'kan? Insya Allah bisa, kalau belum bisa atau masih belum tahu langkah-langkah di atas bisa diulangi lagi membacanya.

Tutorial cara redirect di atas penulis praktikkan pada tanggal 29 November 2020 pada pukul 10.41.14 sampai pada pukul 10.42.39 di Waktu Indonesia Barat, apabila berbeda silahkan menyesuaikan dengan tutorial cara redirect di atas ya.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di artikel tutorial Cara Redirect Tanpa Script dan Tanpa Koding di Blogger.com (Blogspot) ini. Semoga artikel tutorial ini bermanfaat untuk semua orang dan terutama untuk orang yang membutuhkannya.

Artikel di rubrik Blogger lainnya yang telah penulis tulis sebelumnya yang boleh kalian baca: "Cara Menampilkan Pesan Peringatan Sebelum Memasuki Blog di Blog Blogspot (Blogger.com)".
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Juni 05, 2021
  • Date Updated: 2024-01-04T15:23:41Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/06/cara-redirect-tanpa-script-koding-blogger-blogspot.html

  • Share on Social Media