1441-12-10 / 2020-07-31 ~ Hari Raya Idul Adha di Masa Pandemi Virus Corona Atau COVID-19

Selamat datang di web TulisanIB. Hari Jum'at tanggal 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 31 Juli 2020 Masehi merupakan hari raya umat islam, yakni hari raya qurban atau hari raya haji. Hari raya Idul Adha kali ini berbeda dengan hari raya Idul Adha sebelumnya, dikarenakan hari raya kali ini sedang dalam masa pandemi Virus Corona atau COVID-19.

Hari raya Idul Adha kali ini juga berbeda dari hari raya Idul Adha biasanya, karena hari raya Idul Adha kali ini bertepatan dengan hari Jum'at, hari Jum'at saja sudah merupakan hari yang besar yaitu hari raya pekanan dan digabungkan dengan hari raya Idul Adha maka hari ini jadi tambah besar.

Pelaksanaan Sholat Id juga sama seperti saat hari raya Idul Fitri kemarin, yaitu mungkin saja ada yang dikerjakan sendiri atau perorangan, dilakukan di tempat atau lingkungan kecil setempat (seperti di RT), atau mungkin ada saja yang tidak mengerjakan.

Walaupun sedang dalam masa pandemi Virus Corona atau COVID-19 tetapi pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tetap berlangsung. Hari raya Idul Adha pada hari ini masuk kedalam masa peralihan new normal, yaitu masa dimana aktivitas dimasa wabah mulai dilakukan normal seperti sedia kala.

Hanya saja pada hari ini tidak ada ibadah haji. Jadi bagi mereka yang akan berangkat untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini (1441) ditunda keberangkatannya, dan akan diberangkatkan insya Allah ditahun berikutnya (1442).

Alhamdulillah di RT tempat tinggal penulis ada beberapa orang yang berqurban, total qurban adalah 3 kambing dan 1 sapi, walaupun masih dimasa wabah tetapi ada orang yang mau berqurban. Dan penyembelihan selesai sebelum waktu dzuhur.

Lalu bagaimana hari raya Idul Adha di tempat atau daerahmu?

Sekian...
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Agustus 08, 2020
  • Date Updated: 2021-03-02T09:25:28Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/08/2020-07-31-hari-raya-idul-adha-di-masa.html

  • Share on Social Media