Alat Pengujian Data Terstruktur Milik Google Apakah Akan Ditutup?

Selamat datang di TulisanIB. Kali ini penulis akan memberitahukan sebuah berita untuk para blogger. Berita kali ini sebenarnya sudah lama sih, sudah beberapa hari sebelum artikel ini ditulis dan diterbitkan, tapi penulis malas untuk menuliskan beritanya di blog TulisanIB ini.

Langsung saja ke topik pembahasan. Penulis mengetahui berita tentang penutupan Alat Pengujian Data Terstruktur milik Google ini ketika penulis membuka web tersebut, dan mendapati ada notifikasi seperti ini di samping kanan bawah web tersebut.

Notifikasi Alat Pengujian Data Terstruktur milik Google akan dihapus.

Tapi apakah alat pengujian data terstruktur milik Google ini akan ditutup beneran atau tidak sampai saat ini penulis belum mengetahui infonya.

"Lah nanti lihat schema markupnya gimana?" Tenang saja, Google sudah menyediakan alat untuk mengganti alat pengujian data terstruktur tersebut, namanya adalah Rich Result Test yang artinya Pengujian Hasil Kaya (nggak enak banget artinya).

Rich Result Test

Rich Result Test dapat di akses melalui link berikut: https://search.google.com/test/rich-results.

Apa yang dimaksud dengan hasil kaya?
Dikutip dari halaman resminya:
Hasil kaya merupakan pengalaman yang terlihat pada tampilan Google, seperti Penelusuran, yang lebih dari sekadar link biru standar. Hasil kaya dapat menyertakan carousel, gambar, atau elemen selain teks lainnya.

"Fungsinya beda apa nggak nih?" Penulis sendiri sudah mencobanya dan alhamdulillah TulisanIB sudah memenuhi syarat untuk hasil kaya. Dan sepertinya untuk melihat data terstruktur apa saja yang ada di web hanya terbatas pada data terstruktur tertentu saja, seperti Website, BlogPosting, Organization, dan lainnya.

TulisanIB memenuhi syarat untuk hasil kaya.

Jika dilihat-lihat fungsinya ini sama seperti Mobile Friendly Test milik Google yang hanya tinggal menulis alamat web hasil langsung keluar.

Cukup sekian apa yang bisa penulis sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat. Artikel "Bahanyanya Menggunakan Lazy Load" juga boleh Anda baca.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Agustus 07, 2020
  • Date Updated: 2021-01-31T10:42:37Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2020/08/google-structured-data-testing-tool-apakah-akan-ditutup.html

  • Share on Social Media