Cara Kompres dan Minify Kode Javascript

Cara Kompres dan Minify Kode Javascript

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel kali ini penulis akan share atau memberitahukan sebuah tutorial tentang bagaimana caranya mengkompres (compress) atau minify script atau kode javascript.

Kenapa script atau kode javascript harus dikompres (compress) atau diminify?

Silahkan simak berikut ini adalah beberapa kelebihan jika kita mengkompres atau meminify script atau kode javascript:
  1. Mengurangi ukuran atau besar kode script javascript. Dengan mengcompress kode javascript kita dapat sedikit menghemat beberapa ukuran kode javascript agar jika kode javascript digunakan sebagai internal bisa menghemat ukuran halaman website dan jika dijadikan file eksternal file .js-nya tidak terlalu besar ukurannya.
  2. Menjadikan script atau kode javascript hanya menjadi satu line atau satu baris. Dengan mengkompres kode javascript, maka kode javascript yang semulanya bisa terdapat beberapa baris kode akan menjadi satu line atau satu baris saja, hal ini menjadikan kode javascript menjadi lebih rapi dan tidak memakan banyak baris.


Itulah dua kelebihan apabila kita melakukan kompres atau minify pada kode javascript.

Tertarik untuk melakukan kompres (compress) atau minify pada kode javascript yang kalian gunakan?

Yuk simak berikut ini layanan atau tools online yang ada di internet yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengkompressan atau meminify kode javascript yang sedang kita gunakan.

Silahkan simak berikut ini daftar layanan atau tools online-nya.

Javascript Compressor

Javascript Compressor adalah layanan tools milik website GiftOfSpeed di internet yang digunakan untuk mengkompres dan meminify kode javascript.

Saya sebagai penulis sekaligus admin di website TulisanIB merekomendasikan nomor satu Javascript Compressor sebagai layanan atau tools untuk mengkompres dan meminify kode javascript.

Saya merekomendasikan layanan atau tools Javascript Compressor ini karena di website ini tidak ada gambar makhluk bernyawanya dan juga alat kompres javascript-nya ini stabil serta tidak error-error, jadi sangat recommended untuk kita gunakan.

Baiklah, bagi yang ingin menggunakan layanan tools Javascript Compressor dari website GiftOfSpeed ini silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Pertama buka halaman Javascript Compressor di website GiftOfSpeed melalui link berikut:
    https://www.giftofspeed.com/javascript-compressor/
  2. Lalu silahkan kalian copy terlebih dahulu kode javascript yang ingin kalian kompres dan minify.
  3. Sekarang silahkan kalian paste kode javascript yang telah kalian copy sebelumnya di kolom berjudul "PASTE YOUR CODE" yang telah tersedia.
  4. Lalu klik pada tombol berwarna putih bertuliskan "Compress" yang berada di kiri bawah kolom tersebut untuk memulai minify dan pengkompressan kode javascript yang telah kalian paste tadi.
    PASTE YOUR CODE
  5. Selesai, kode javascript yang telah di-minify dan dikompres maka akan muncul di kolom berjudul "COMPRESSED OUTPUT". Sekarang kalian bisa copy kode javascript tersebut dengan cara klik pada tombol berwarna putih keabu-abuan bertuliskan "Select All", lalu kalian klik kanan pada mouse, lalu klik Salin (copy) atau Potong (cut).
    COMPRESSED OUTPUT


Bagaimana? Sangat mudah bukan mengkompres kode javascript-nya? Sekarang kode javascript yang telah terkompres tersebut bisa kalian gunakan di blog atau website kalian atau kalian bagikan ke orang lain.

Javascript-minifier.com

Javascript-minifier.com adalah layanan atau tools online yang digunakan untuk mengkompres kode javascript yang websitenya dihosting di DigitalOcean.

Terdapat gambar makhluk bernyawa di halaman website Javascript-minifier.com, tepatnya berada di sebelah kanan atas, ada gambar logo Twitter dan iklan bergambar makhluk bernyawa.

Untuk iklannya sendiri mungkin sepertinya random (acak), kadang bergambar makhluk bernyawa, kadang tidak.

Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website Javascript-minifier.com tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.

Untuk gambar makhluk bernyawa di Javascript-minifier.com ini sendiri logo Twitter-nya tidak bisa untuk dihilangkan.

Untuk website ini sendiri kadang di browser penulis sulit untuk dibuka dan menampilkan halaman error, jadi bagi yang mengalami hal serupa seperti saya bisa menggunakan alternatif MINIFY JAVASCRIPT dari website Mas Koding.

Baiklah, bagi yang ingin menggunakan Javascript-minifier.com untuk kompres atau minify kode javascript silahkan simak berikut caranya atau langkah-langkahnya.
  1. Pertama buka website Javascript-minifier.com di link berikut ini:
    https://javascript-minifier.com
  2. Copy terlebih dahulu script atau kode javascript kalian.
  3. Lalu paste kode javascript pada kotak Input JavaScript di sebelah kiri yang telah disediakan.
  4. Lalu klik tombol Minify yang berwarna biru.
    Input JavaScript
  5. Maka script atau kode javascript akan terkompress dan akan keluar hasilnya (output) di kotak Minified Output yang berada di sebelah kanan.
  6. Klik pada tombol Copy to Clipboard untuk mengcopy kode javascript yang telah berhasil dikompress tersebut.
    Minified Output
  7. Selesai, kode javascriptnya yang telah terkompres tersebut telah berhasil kita salin atau copy.


MINIFY JAVASCRIPT

MINIFY JAVASCRIPT adalah layanan atau tools online yang digunakan untuk mengkompres script atau kode javascript yang dimiliki oleh website Mas Koding (https://www.maskoding.com).

Website Mas Koding ini sendiri adalah website yang dikelola dari Indonesia dan pengelolanya adalah Mas Anggik salah satu blogger tanah air yang jago koding, kalian bisa lihat sendiri di websitenya banyak menyediakan beragam tutorial koding, termasuk salah satunya adalah koding tentang javascript.

Di website Mas Koding terdapat gambar makhluk bernyawanya.

Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.

Menurut penulis hasil kompressan dari MINIFY JAVASCRIPT ini persis sekali dengan hasil kompressan kode javascript dari website Javascript-minifier.com.

Jadi bagi yang tidak bisa mengakses website Javascript-minifier.com bisa mengunjungi halaman MINIFY JAVASCRIPT di website Mas Koding sebagai alternatif apabila website Javascript-minifier.com tidak bisa atau sulit untuk diakses.

Bagi yang ingin mengkompres script atau kode javascript di halaman MINIFY JAVASCRIPT pada website Mas Koding bisa simak berikut caranyanya.
  1. Buka halaman MINIFY JAVASCRIPT di website Mas Koding melalui link berikut:
    https://www.maskoding.com/p/minify-javascript.html
  2. Copy kode javascript yang ingin kalian kompres atau minify.
  3. Lalu paste kode javascript yang telah kalian copy tadi pada kotak INPUT yang berada di atas.
  4. Dan klik pada tombol MINIFY JS untuk melakukan kompresi pada kode javascript.
    INPUT
  5. Tunggu sampai proses pengkompressan selesai. Proses pengkompressan pada halaman MINIFY JAVASCRIPT memang sedikit agak lama.
  6. Jika pemkompressan telah selesai, maka kode javascript yang telah terkompres akan muncul pada kotak OUTPUT yang berada di bawah.
  7. Klik pada tombol Copy untuk mengcopy kode javascript yang telah terkompres tersebut.
    OUTPUT
  8. Selesai, kode javascript telah berhasil disalin atau dicopy.


JSCompress - The JavaScript Compression Tool

JSCompress adalah layanan atau tools online pihak ketiga yang web TulisanIB sangat rekomendasikan nomor dua.

Kenapa web TulisanIB merekomendasikan website JSCompress ini?

Dikarenakan sepertinya tidak ada gambar makhluk bernyawa di website ini, di sini saya mengatakan sepertinya karena website ini sendiri menggunakan iklan Google Adsense jadi kemungkinan iklan bisa berubah dan berganti-ganti, jadi siap-siap saja, tetapi selama penulis membuka atau menggunakan website JSCompress ini belum pernah penulis temui website ini menampilkan gambar makhluk bernyawa.

Selain itu juga kode javascript hasil kompressan dari JSCompress ini menurut pengamatan penulis sendiri adalah ukuran kode kompressannya lebih kecil daripada Javascript-minifier.com dan juga MINIFY JAVASCRIPT, ingat ini hanya pengamatan penulis sendiri.

Baiklah, bagi yang ingin menggunakan website JSCompress ini untuk mengkompres kode javascript yang kalian gunakan silahkan simak berikut ini tutorial atau caranya.
  1. Buka website JSCompress di link berikut:
    https://jscompress.com
  2. Copy terlebih dahulu kode javascript yang ingin kalian kompres.
  3. Lalu silahkan paste kode javascript yang telah kalian copy sebelumnya pada kotak di tab "Copy & Paste JavaScript Code".
  4. Lalu klik pada tombol "Compress JavaScript" untuk mengkompres kode javascript kalian.
    Copy & Paste JavaScript Code
  5. Maka kode javascript yang telah berhasil dikompres akan muncul di kotak pada tab "Output".
  6. Silahkan klik 1x pada kode javascript yang telah berhasil dikompres tersebut. Lalu klik kanan pada mouse dan klik Salin untuk mencopy kode javascript yang telah terkompres tersebut, atau boleh juga tekan tombol Ctrl + C pada keyboard untuk mengcopy kode javascript tersebut.
    Output
  7. Selesai, kode javascript telah berhasil disalin atau dicopy.


Kesimpulan

Bagaimana? Mudah bukan untuk melakukan compress pada script atau kode javascript?

Hanya dengan menggunakan layanan atau tools di internet, dan dengan beberapa klik, kode javascript telah berhasil terkompres secara otomatis.

Dari keempat tools tersebut mana yang paling bagus?

Pilihannya ada di tangan kalian sendiri, tetapi untuk web TulisanIB lebih merekomendasikan Javascript Compressor dan JSCompress dengan alasan yang tadi di atas telah penulis tulis.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di artikel Cara Kompres dan Minify Kode Javascript ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya dan terutama untuk orang yang sedang membutuhkan tutorial di artikel ini.

Bagi yang mau mematikan javascript pada browser bisa membaca artikel yang telah penulis tulis sebelumnya yang berjudul "Cara Mematikan Javascript di Browser".
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Januari 15, 2021
  • Date Updated: 2024-04-14T09:04:03Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/01/cara-kompres-minify-kode-javascript.html

  • Share on Social Media