Cara Submit Link URL ke Google Search Console

Blogger

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel kali ini penulis akan memberikan sebuah tutorial bagaimana caranya submit link atau URL di blog atau website kita ke Google Webmaster Tools yang sekarang dikenal sebagai Google Search Console.

Kenapa kita melakukan submit link atau URL di blog atau website kita ke Google Search Console? Sebenarnya ini bebas sih, terserah kalian mau submit link URL atau tidak.

Kita melakukan submit link atau URL itu dengan tujuan agar link atau URL di blog atau website kita bisa cepat terindeks mesin pencari Google.

Kira-kira link atau URL mana di blog atau website kita yang akan kita submit ke Google Search Console? Terserah, bebas, suka-suka kalian, akan tetapi link atau URL yang paling sering di-submit adalah link atau URL dari artikel atau postingan di blog atau website kita.

Jujur saja penulis sendiri semenjak beberapa waktu yang lalu sebelum menerbitkan artikel ini, Google Search Console sedang mengalami update dan perbaikan, penulis tidak pernah lagi melakukan submit link atau URL artikel atau postingan web TulisanIB.

Ya karena fitur submit artikel ini dinonaktifkan sementara karena sedang masa perbaikan atau update dan yang bisa hanya fitur Uji URL.

Dan ternyata fitur submit artikel ini ada atau telah diaktifkan kembali pada bulan Januari tahun 2021.

Jika kalian sebelumnya telah mengsubmit sitemap atau peta situs ke Google Search Console maka tanpa melakukan submit link atau URL artikel atau postingan pun artikel atau postingan tetap akan terindeks oleh mesin pencari Google, akan tetapi jauh lebih lama.

Jadi bagi yang belum melakukan submit sitemap atau peta situs ke Google Search Console saya sarankan untuk melakukan submit sitemap ke Google Search Console.

Silahkan untuk membaca artikel "Cara Submit Sitemap ke Google Search Console" yang telah penulis tulis sebelumnya agar artikel atau postingan di blog atau website kita masih bisa tetap terindeks walaupun kita tidak melakukan submit link atau URL artikel postingan blog atau website kita.

Google Search Console menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya. Baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" bagi yang ingin menonaktifkan gambar pada browser tetapi belum tahu caranya.

Saran saya menonaktifkan gambarnya menggunakan ekstensi saja agar gambar masih bisa dihidupkan sewaktu-waktu, seperti ketika melihat kinerja statistik blog atau website kita di Google Search Console.

Baiklah, bagi yang ingin tahu bagaimana caranya submit link atau URL di blog atau website kita ke Google Search Console silahkan baca langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama kalian copy atau salin terlebih dahulu link atau URL di blog atau website kalian yang ingin kalian submit ke Google Search Console. Contoh di sini saya mengcopy link artikel berikut:
    https://tulisanib.blogspot.com/2021/04/cara-mengetahui-jumlah-kata-halaman-blog-website.html
  2. Lalu buka website Google Search Console melalui link berikut:
    https://search.google.com/search-console
  3. Paste link artikel yang telah kalian copy tadi pada langkah nomor 1 di kotak pencarian yang terdapat di Google Search Console.
    Submit Link URL ke Google Search Console
  4. Lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
  5. Muncul kotak bertuliskan "Mengambil data dari Indeks Google", tunggu loading sampai selesai.
    Mengambil data dari Indeks Google
  6. Jika loading sudah selesai, kalian bisa mengklik tombol berwarna hitam keabu-abuan bertuliskan "UJI URL AKTIF" yang berada di kanan atas untuk melakukan pengecekan pada link atau URL yang telah kita kirim tadi apakah bermasalah atau tidak dengan link atau URL tersebut.
    UJI URL AKTIF
  7. Akan muncul kotak persegi panjang dengan tulisan "Menguji URL aktif", tunggu sampai loading selesai karena sedang dalam proses pengecekan yang dilakukan oleh Google Search Console.
    Menguji URL aktif
  8. Jika loading proses pengecekan sudah selesai dan muncul terdapat icon centang berwarna hijau dengan tulisan "URL tersedia untuk Google" itu tandanya link atau URL yang tadi kita kirimkan atau kita submit aman-aman saja dan tidak bermasalah untuk diindeks oleh Google, sekarang kita klik pada tulisan "MINTA PENGINDEKSAN" agar bisa segera diindeks dan diproses oleh Google.
    MINTA PENGINDEKSAN
  9. Lalu tunggu loading, loading-nya sebentar saja kok.
  10. Apabila muncul kotak bertuliskan "Pengindeksan diminta" itu berarti kita telah berhasil melakukan submit link atau URL di blog atau website kita ke Google Search Console. Tekan OK untuk menutup kotak tersebut.
    Pengindeksan diminta
  11. Selesai, apabila tulisan "MINTA PENGINDEKSAN" tadi berubah menjadi tulisan "MINTA LAGI" ditambah dengan di sebelah kiri tulisan "Pengindeksan diminta" dengan icon centang di sebelah kirinya itu berarti link atau URL yang kita submit tadi telah masuk ke dalam daftar proses indeks Google, jadi tinggal ditunggu saja sampai robot-robot spider mesin pencari Google mengindeks link atau URL yang tadi telah kita submit atau kirimkan.
    Pengindeksan diminta


Bagaimana? Cukup mudah bukan melakukan submit link atau URL di blog atau website kita ke Google Search Console? Insya Allah sangat mudah sekali.

Kalau masih bingung atau belum tahu-tahu, langkah-langkah di atas bisa diulangi lagi membacanya.

Tutorial langkah-langkah di atas penulis praktikkan pada hari Rabu tanggal 28 April 2021 pukul 09.24 sampai pukul 09.25 Waktu Indonesia Barat pagi hari, jadi bagi yang berbeda dengan tutorial atau langkah-langkah di atas silahkan untuk menyesuaikan ya.

Lalu setelah melakukan submit link atau URL di blog atau website kita ke Google Search Console, sebaiknya lakukan ping ke mesin pencari Google, agar robot mesin pencari Google dapat dengan segera melakukan proses indeksing pada link atau URL yang telah kita submit.

Untuk yang belum tahu bagaimana caranya melakukan ping ke mesin pencari Google, silahkan untuk membaca artikel "Cara Ping Blog Atau Website ke Google, Bing, Yandex, Baidu, dan FeedBurner".

Di artikel "Cara Ping Blog Atau Website ke Google, Bing, Yandex, Baidu, dan FeedBurner" tersebut telah penulis jelaskan langkah-langkahnya, kalian hanya tinggal membacanya lalu mempraktikkannya saja.

Cukup sekian apa yang bisa penulis sampaikan di artikel Cara Submit Artikel ke Google Search Console ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan terutama teruntuk bagi yang sedang membutuhkan tutorial ini.

Artikel terkait di Rubrik Blogger yang mungkin kalian ingin baca selanjutnya:
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Januari 14, 2021
  • Date Updated: 2024-04-22T03:47:26Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/01/cara-submit-link-url-ke-google-search-console.html

  • Share on Social Media