Cara Sembunyikan Kode Javascript Menggunakan Javascript Obfuscator

Cara Sembunyikan Kode Javascript Menggunakan Javascript Obfuscator

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel kali ini penulis akan memberitahukan sebuah tutorial bagaimana caranya menyembunyikan kode atau script javascript menggunakan tools atau layanan yang ada di internet yaitu Javascript Obfuscator.

Apa Itu Javascript Obfuscator?

Javascript Obfuscator adalah sebuah layanan atau tools yang ada di internet yang digunakan untuk mengubah atau mengconvert kode javascript biasa menjadi sebuah kode javascript yang rumit.

Walaupun kode javascript yang biasa tadi telah dirubah atau diconvert menjadi sebuah kode javascript yang rumit tetapi kode javascript tersebut masih bisa bekerja atau berjalan dengan normal, tidak menjadikan kode javascript menjadi error.

Kecuali kalau kode javascript kalian sebelum diconvert memang sudah error terlebih dahulu, maka setelah diconvert menggunakan Javascript Obfuscator-pun kode javascript masih tetap error.

Karena memang tools Javascript Obfuscator itu sendiri tidak mengubah cara kerja kode javascript tersebut, melainkan hanya mengubah keterbacaan kode-kode javascriptnya saja.

Manfaat Menyembunyikan Kode Javascript Menggunakan Javascript Obfuscator

Berikut di bawah ini telah penulis sampaikan apa saja manfaat apabila kita menggunakan tools Javascript Obfuscator.
  1. Menjadikan kode javascript menjadi sulit dibaca atau sulit untuk dimengerti. Maka hal ini pun dapat menjadikan para pembajak kesulitan untuk mengubah-ubah kode javascript yang telah dirubah menggunakan tools Javascript Obfuscator, dan kode javascript pun menjadi aman dari orang-orang yang melakukan pembajakan.
  2. Dapat menyembunyikan kode document.write pada kode javascript. Lho? Memang kenapa dengan kode document.write pada kode javascript? Bingung ya? Kode document.write pada kode javascript menjadi salah satu penyebab loading blog menjadi lebih lama dan dengan menyembunyikan kode javascript document.write tersebut dapat mengakali tools pengecek kecepatan website yang ada di internet seperti Pagespeed Insights punya Google dan menaikkan skor kecepatan website pada tools pengecek kecepatan website tersebut, padahal jika dilihat juga sama saja kecepatan websitenya tersebut disembunyikan atau tidak kode javascript document.write-nya.
  3. Dapat mengkompres atau mengurangi ukuran kode javascript tersebut. Kompresi tools Javascript Obfuscator dapat mengurangi besar ukuran javascript tetapi hanya sangat sedikit sekali dari sebelum kode javascript diconvert menggunakan Javascript Obfuscator. Bagi yang ingin mengkompres kode javascript bisa baca artikel yang telah penulis tulis sebelumnya: "Cara Kompres dan Minify Kode Javascript", sudah disertakan langkah dan gambarnya, kalian boleh baca artikel tersebut kalau mau mengkompres kode javascript yang kalian gunakan.


Manfaat yang penulis ketahui hanya tiga saja seperti yang sudah penulis uraikan di atas, mungkin pembaca sekalian malah lebih tahu lagi kelebihannya daripada saya.

Yaa hanya itu saja.

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu Javascript Obfuscator dan apa saja manfaatnya, sekarang mari kita lanjut ke langkah-langkah atau tutorialnya bagaimana cara mengconvert kode javascript menggunakan Javascript Obfuscator.

Cara Sembunyikan Kode Javascript Menggunakan Javascript Obfuscator

Bagi yang ingin mengubah kode javascript biasa atau normal menjadi kode javascript yang rumit menggunakan tools Javascript Obfuscator bisa menyimak tutorial yang telah penulis tulis ini.

Penulis telah menghilangkan gambar pada website beautifytools.com, jadi kalian tidak akan menemukan gambar makhluk bernyawa pada gambar langkah-langkah di artikel ini.

  1. Pertama buka halaman website tools Javascript Obfuscator-nya di link berikut ini:
    http://beautifytools.com/javascript-obfuscator.php
    Link di atas menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website beautifytools.com tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.
  2. Lalu salin atau copy kode javascript yang ingin kalian ubah menjadi rumit menggunakan tools Javascript Obfuscator.
  3. Taruh atau paste kode javascript yang telah kalian copy sebelumnya pada kotak yang telah disediakan.
  4. Lalu klik pada tombol Obfuscate yang berwarna hijau untuk memulai convert kode javascript normal kalian menjadi kode javascript yang rumit.
    Obfuscate
  5. Maka akan muncul kode javascript yang telah dirubah atau diconvert menjadi rumit pada kotak yang telah tersedia.
    Pengconvertan Selesai
  6. Selesai. Kalian bisa copy kode tersebut untuk kalian gunakan pada website kalian atau kalian bagikan ke orang lain.


Bagaimana mengubah kode javascriptnya menjadi kode yang rumit dengan menggunakan tools Javascript Obfuscator?

Mudah banget 'kan?

Hanya tinggal klik tombol Obfuscate saja maka kode sudah berubah menjadi rumit dan sulit untuk dibaca atau dimengerti.

Tutorial di atas penulis praktikkan pada tanggal 25 bulan Desember tahun 2020 pada pukul 21.55 Waktu Indonesia Barat, jadi apabila berbeda dengan tutorial penulis di atas silahkan untuk menyesuaikan ya.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di artikel tutorial Cara Sembunyikan Kode Javascript Menggunakan Javascript Obfuscator ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terutama untuk mereka yang sedang membutuhkan artikel tutorial ini.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Januari 18, 2021
  • Date Updated: 2024-04-09T02:00:10Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/01/menggunakan-javascript-obfuscator.html

  • Share on Social Media