Cara Buat Halaman Fanspage Facebook

Cara Buat Halaman Fanspage Facebook

Selamat datang di web TulisanIB. Artikel pada kesempatan kali ini penulis akan memberitahukan sebuah tutorial bagaimana caranya membuat halaman fanspage di media sosial Facebook dan beberapa tutorial pengaturan-pengaturan tambahan untuk halaman fanspage di Facebook.

Apa Itu Halaman Facebook (Fanspage)?

Halaman Facebook adalah sebuah platform atau layanan gratis yang disediakan oleh pihak Facebook yang bisa digunakan untuk pelaku bisnis, merek, organisasi, komunitas, tokoh masyarakat, sebuah situs web atau blog, dan lainnya untuk menjangkau pemirsa atau pengikut (follower) mereka.

Halaman Facebook ini juga sangat menguntungkan bagi para blogger karena kita para blogger juga memiliki hak untuk membuat sebuah halaman Facebook agar memudahkan para pengunjung dan pengikut setia web atau blog kita agar bisa mendapatkan informasi melalui sosial media Facebook.

Halaman Facebook (fanspage) ini bersifat publik, berbeda dengan profil Facebook yang dijadikan sebuah halaman atau fanspage karena bisa dijadikan menjadi pribadi.

Di website Facebook ini terdapat gambar makhluk bernyawanya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website Facebook tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.

Link yang bisa kalian inputkan untuk menonaktifkan gambar di website Facebook adalah sebagai berikut:
  • https://web.facebook.com
  • https://business.facebook.com


Saran saya untuk menonaktifkan gambar di Facebook ini menggunakan ekstensi saja, agar gambar masih bisa dibuka setiap saat.

Penulis telah menghilangkan gambar pada website Facebook dan https://business.facebook.com, jadi kalian tidak akan menemukan gambar makhluk bernyawa pada gambar langkah-langkah di artikel ini.

Manfaat dari Membuat dan Memiliki Halaman Fanspage di Facebook

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita sudah membuat dan memiliki halaman fanspage di Facebook,
  1. Bisa memudahkan pengikut setia untuk mendapatkan informasi dari sosial media Facebook, seperti yang sudah penulis singgung sebelumnya.
  2. Bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah merek, jasa, produk, layanan, dan blog atau website. Manfaat ini yang banyak bisa kita temui di sosial media Facebook.
  3. Bisa dengan mudah membagikan artikel yang berada di blog atau website ke sosial media Facebook.
  4. Mesin pencari Google bisa mengindeks halaman fanspage Facebook, sehingga dapat memudahkan orang lain mengunjungi halaman fanspage kita melalui hasil pencarian di mesin pencari Google.


Hanya empat saja yang bisa penulis sampaikan manfaat-manfaat dari membuat halaman fanspage di Facebook, mungkin pembaca sekalian malah lebih tahu lagi daripada penulis.

Cara Buat Halaman Fanspage Facebook

Jika kalian sudah mengetahui apa saja manfaatnya dari membuat halaman fanspage di Facebook ini, yuk lanjut bagaimana cara membuatnya.

Untuk membuat halaman fanspage di Facebook kalian harus punya akun Facebook dulu ya, kalau tidak punya kita tidak bisa membuat halaman fanspage di Facebook.

Beberapa hal yang perlu kalian siapkan lagi adalah:
  • Gambar berbentuk kotak atau persegi untuk digunakan sebagai foto profil halaman fanspage. Ini optional, kalian bisa skip atau lewati jika dirasa tidak penting atau tidak dibutuhkan.
  • Gambar berbentuk persegi panjang untuk digunakan sebagai foto sampul halaman fanspage. Ini optional, kalian bisa skip atau lewati jika dirasa tidak penting atau tidak dibutuhkan.


Di sini saya mempraktikkan membuat halaman fanspage di Facebook menggunakan PC, jadi bagi kalian yang menggunakan HP silahkan untuk menyesuaikan ya.

Baiklah, berikut di bawah ini adalah langkah-langkah cara membuatnya.
  1. Pertama kalian harus masuk atau login dulu ke web Facebook menggunakan akun Facebook kalian. Berikut link web Facebook nya:
    https://id-id.facebook.com
  2. Kedua, kalian buka halaman "Halaman" di Facebook untuk membuat sebuah halaman fanspage melalui link berikut ini:
    http://facebook.com/pages/create
  3. Isi nama fanspage yang ingin kalian buat di kolom yang bertuliskan "Nama halaman (wajib)", jika muncul tanda centang hijau itu tandanya namanya bisa dijadikan sebagai nama fanspage kalian nantinya.
  4. Isi kategori dari fanspage yang ingin kalian buat nantinya pada kolom yang bertuliskan "Kategori (wajib)" dengan kategori yang cocok dengan fanspage yang ingin kalian buat nantinya, maksimal hanya bisa menambahkan tiga kategori saja.
  5. Isi kolom yang bertuliskan "Keterangan" dengan isi mengenai seputar fanspage yang akan kalian buat ini. Boleh diisi dengan tujuan, visi, misi, atau yang lainnya.
  6. Kalian bisa lihat dulu pada pratinjau di sebelah kanan. Apabila sudah cocok dengan keinginan kalian, silahkan klik tombol berwarna biru muda bertuliskan "Buat Halaman" yang berada di paling bawah.
    Buat Halaman
  7. Sekarang klik pada tombol berwarna abu-abu bertuliskan "Tambahkan Foto Profil" yang berada di tengah kolom "Foto Profil" untuk memberi gambar atau foto profil pada halaman fanspage yang kalian buat ini, ini optional (boleh dilakukan, boleh juga tidak dilakukan).
  8. Klik lagi pada tombol berwarna abu-abu bertuliskan "Tambahkan Foto Sampul" yang berada di tengah kolom "Foto Sampul" untuk memberi gambar atau foto sampul pada halaman fanspage yang akan kalian buat ini, ini optional (boleh dilakukan, boleh juga tidak dilakukan). Untuk mengubah posisi, kalian bisa geser-geser gambarnya.
  9. Jika dirasa sudah cocok, kalian bisa mengeklik tombol berwarna biru muda bertuliskan "Simpan" yang berada di paling bawah.
    Gambar
  10. Akan muncul kotak persegi panjang berwarna hitam bertuliskan "Anda sekarang berinteraksi sebagai nama fanspage kalian" di pojok kiri bawah itu tandanya kalian telah berhasil membuat halaman fanspage kalian.
    Anda sekarang berinteraksi sebagai Tulisanib - Tulisan Ilmu Bermanfaat
  11. Sekarang kita akan melakukan hal-hal yang perlu dilakukan setelah membuat halaman fanspage di Facebook. Scroll sedikit ke bawah, akan ada kotak berjudul "Siapkan Halaman Anda Untuk Meraih Keberhasilan", di kotak tersebut ada tiga menu dropdown, kita telah menyelesaikan satu menu dropdown yaitu menu "Bangun Identitas Halaman Anda", sekarang kita akan menyelesaikan dua menu dropdown sisanya. Klik pada menu dropdown yang bertuliskan "Berikan Info dan Preferensi".
    Siapkan Halaman Anda Untuk Meraih Keberhasilan
  12. Akan muncul 6 opsi yang bisa kita isi opsi tersebut, kalian boleh mengisi 6 opsi tersebut. Sekarang saya akan menambahkan situs web TulisanIB di halaman fanspage ini, klik pada tombol berwarna biru pucat bertuliskan "Tambahkan Situs Web" yang berada pada opsi "Situs Web" untuk menambahkan sebuah alamat link website atau blog pada halaman fanspage kalian.
    Berikan Info dan Preferensi
  13. Lalu silahkan tuliskan alamat link website atau blog pada kolom yang telah tersedia (lihat pada anak panah angka 1 berwarna biru pada gambar di langkah nomor 14). Jika halaman fanspage kalian tidak mempunyai atau tidak membutuhkan sebuah website, kalian bisa mengklik pada menu lingkaran bertuliskan "Halaman saya tidak memiliki situs web" (lihat pada anak panah angka 1 berwarna merah di gambar nomor di bawah 14).
  14. Jika muncul kotak persegi panjang berwarna hitam bertuliskan "Perubahan Anda telah disimpan." itu tandanya kalian telah berhasil menyimpan perubahan (save) pada opsi ini. Lalu klik tombol X yang berada di pojok kanan atas di kotak yang berjudul "Edit Info Halaman" untuk keluar dari opsi ini.
    Situs Web
  15. Kalian juga bisa tidak mengisi beberapa opsi lainnya dengan cara mengklik pada tombol berwarna abu-abu bertuliskan "Lainnya" dengan icon segitiga ke bawah pada salah satu opsi, lalu klik pada menu dropdown yang bertuliskan "Ini tidak berlaku pada Halaman saya" dengan icon X di sebelah kirinya.
    Ini tidak berlaku pada Halaman saya
  16. Kalian juga bisa memberi tombol utama berwarna biru pada halaman fanspage kalian (tombol berwarna biru yang berada di dekatnya foto profil dan foto sampul halaman fanspage kalian) dengan cara mengeklik pada tombol berwarna biru pucat bertuliskan "Tombol Tambahkan" yang berada di opsi "Tambahkan tombol halaman".
    Tambahkan tombol Halaman
  17. Lalu pilih salah satu menu tombol utama yang kalian ingin pasang di halaman fanspage kalian, setiap menu tombol tersebut memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda. Kalau saya memilih menu tombol "Ikuti".
    Edit Tombol Halaman
  18. Jika muncul kotak persegi panjang berwarna hitam bertuliskan "Tombol sudah ditambahkan ke Halaman Anda." dengan icon centang itu tandanya tombol yang kalian pilih tadi telah berhasil terpasang di halaman fanspage kalian.
    Tombol sudah ditambahkan ke Halaman Anda.
  19. Kita telah berhasil menyelesaikan menu dropdown "Berikan Info dan Preferensi", sekarang tinggal satu menu dropdown yang tersisa yaitu menu "Perkenalkan Halaman Anda", klik pada menu dropdown tersebut.
    Perkenalkan Halaman Anda
  20. Terdapat dua opsi yang bisa kita isi. Jika kalian tidak ingin mengisi opsi tersebut bisa mengeklik tombol "Lainnya" dengan icon segitiga ke bawah pada salah satu opsi, lalu klik pada menu dropdown yang bertuliskan "Lewati dan tandai sebagai selesai" dengan icon X di sebelah kiri.
    Lewati dan tandai sebagai selesai
  21. Sekarang saya akan mengisi opsi "Sambut orang-orang di Halaman Anda", klik pada tombol berwarna biru pucat bertuliskan "Buat Postingan Sambutan".
    Buat Postingan Sambutan
  22. Silahkan buat atau tulis status pertama di halaman fanspage kalian. Lalu klik tombol bertuliskan "Kirim" berwarna biru muda yang berada di bawah untuk membuat dan mengirim status ini ke halaman fanspage kita.
    Buat Postingan
  23. Muncul kotak dengan tulisan "Ubah postingan Anda menjadi promo", karena saya tidak membutuhkannya, jadi saya klik pada tombol dengan icon X yang berada di pojok kanan atas kotak tersebut.
    Ubah postingan Anda menjadi promo
  24. Tunggu sebentar karena baru proses memposting status yang kalian buat tadi.
    Memposting
  25. Jika status yang kalian buat tadi barusan telah muncul di halaman beranda fanspage kalian itu tandanya kalian telah berhasil membuat status pertama di halaman fanspage kalian. Selamat kalian telah berhasil mengisi semua menu dropdown beserta opsi-opsinya.
    Anda Menyelesaikan Semua Langkah
  26. Sekarang kita akan membuat sebuah nama pengguna atau id untuk halaman fanspage kalian. Silahkan scroll ke atas. Lalu klik pada tulisan berwarna biru bertuliskan "Buat @namapengguna" yang berada di bawah judul halaman fanspage kalian.
    Buat @namapengguna
  27. Lalu buat atau tulis nama pengguna atau id untuk halaman fanspage kalian pada kolom yang bertuliskan "Nama Pengguna".
  28. Jika muncul icon centang berwarna hijau di sebelah kanan itu tandanya namanya sudah sesuai, kalian bisa mengeklik tombol berwarna biru bertuliskan "Buat Nama Pengguna" yang berada di pojok kanan bawah kotak tersebut untuk membuat nama pengguna atau id untuk halaman fanspage kalian.
    Buat Nama Pengguna
  29. Jika muncul tulisan "Sudah siap!" dan icon centang berwarna hijau di tengah itu berarti kalian telah berhasil membuat nama pengguna atau id untuk halaman fanspage kalian. Kalian bisa klik tombol berwarna biru yang bertuliskan "Selesai" untuk menutup kotak persegi panjang ini.
    Sudah siap!
  30. Selesai, selamat halaman fanspage kalian sudah jadi dan sudah siap untuk dipakai dan digunakan.
    Halaman Fanspage Facebook Sudah Jadi


Njlimet? Pusing? Atau gampang nih? Insya Allah bisa, kalau masih belum bisa, bisa dibaca lagi tutorialnya di atas.

Pengaturan Tambahan Halaman Fanspage Facebook

Berikut beberapa tutorial pengaturan-pengaturan tambahan untuk kalian yang ingin merubah pengaturan halaman fanspage Facebook kalian lebih lanjut.

A. Cara Agar Pengunjung Tidak Bisa Membuat Postingan di Halaman Fanspage Facebook

Kalian yang ingin agar pengunjung tidak bisa membuat status atau postingan di halaman fanspage Facebook kalian bisa menerapkan langkah-langkah ini.
  1. Buka halaman fanspage kalian terlebih dahulu.
  2. Lalu masuk ke menu "Pengaturan" yang icon-nya bergambar roda gir di bilah menu sebelah kiri menu paling bawah.
    Pengaturan
  3. Masuk ke kategori "Umum".
  4. Pada opsi "Postingan Pengunjung" silahkan klik pada tulisan "Edit" berwarna biru yang berada di kanan opsi tersebut.
    Postingan Pengunjung
  5. Klik pada pilihan "Jangan izinkan postingan dari orang lain di Halaman".
  6. Lalu klik pada tombol berwarna biru tua bertuliskan "Simpan Perubahan" untuk menyimpan pengaturan tersebut.
    Simpan Perubahan
  7. Jika opsi tersebut berubah warna menjadi kuning cream dengan tulisan "Pilih siapa yang dapat menerbitkan ke linimasa halaman Anda" dan juga terdapat tulisan "Perubahan disimpan" di sebelah kanan itu tandanya kalian telah berhasil mengubah dan menyimpan pengaturan opsi ini.
    Perubahan disimpan
  8. Selesai.


Semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin agar pengunjung tidak bisa membuat status atau postingan di halaman fanspage kalian.

B. Cara Agar Pengunjung Tidak Bisa Chat Pribadi (Inbox) di Halaman Fanspage Facebook

Bagi kalian yang ingin agar pengunjung halaman fanspage Facebook kalian tidak bisa chat pribadi atau inbox ke halaman fanspage Facebook kalian bisa menerapkan tutorial di bawah ini.
  1. Buka halaman fanspage kalian.
  2. Lalu masuk ke menu "Pengaturan" yang icon-nya bergambar roda gir di bilah menu sebelah kiri menu paling bawah.
    Pengaturan
  3. Masuk ke kategori "Umum".
  4. Pada opsi "Pesan" silahkan klik pada tulisan "Edit" berwarna biru yang berada di kanan opsi tersebut.
    Pesan
  5. Hilangkan tanda centang pada tulisan "Izinkan orang menghubungi Halaman saya secara pribadi dengan cara menampilkan tombol Kirim Pesan.".
  6. Lalu klik pada tombol berwarna biru tua bertuliskan "Simpan Perubahan" untuk menyimpan pengaturan tersebut.
    Simpan Perubahan
  7. Jika opsi tersebut berubah warna menjadi kuning cream dengan tulisan "Orang tidak dapat menghubungi Halaman saya secara pribadi" dan juga terdapat tulisan "Perubahan disimpan" di sebelah kanan itu tandanya kalian telah berhasil mengubah dan menyimpan pengaturan opsi ini.
    Perubahan disimpan
  8. Selesai.


Semoga bermanfaat bagi kalian yang butuh agar pengunjung tidak bisa chat pribadi atau inbox di halaman fanspage Facebook kalian.

C. Cara Agar Orang Lain Tidak Bisa Menandai (Tag) Halaman Fanspage Facebook

Teruntuk kalian yang ingin agar halaman fanspage milik kalian tidak bisa ditandai atau di-tag oleh orang lain bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka halaman fanspage kalian.
  2. Lalu masuk ke menu "Pengaturan" yang icon-nya bergambar roda gir di bilah menu sebelah kiri menu paling bawah.
    Pengaturan
  3. Masuk ke kategori "Umum".
  4. Pada opsi "Yang Lain Menandai Halaman Ini" silahkan klik pada tulisan "Edit" berwarna biru yang berada di kanan opsi tersebut.
    Yang Lain Menandai Halaman Ini
  5. Hilangkan tanda centang pada tulisan "Izinkan orang dan Halaman lain untuk menandai nama fanspage kalian".
  6. Lalu klik pada tombol berwarna biru tua bertuliskan "Simpan Perubahan" untuk menyimpan pengaturan tersebut.
    Simpan Perubahan
  7. Jika opsi tersebut berubah warna menjadi kuning cream dengan tulisan "Orang dan Halaman lain tidak dapat menandai Halaman saya" dan juga terdapat tulisan "Perubahan disimpan" di sebelah kanan itu tandanya kalian telah berhasil mengubah dan menyimpan pengaturan opsi ini.
    Perubahan disimpan
  8. Selesai.


Semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin agar halaman fanspage kalian tidak bisa ditandai atau di-tag oleh orang lain.

D. Cara Memfilter Komentar Pengunjung Pada Postingan di Halaman Fanspage Facebook

Di opsi ini kita bisa memfilter atau memilah komentar-komentar pengunjung halaman fanspage kita. Komentar-komentar yang difilter adalah komentar dengan kata-kata kotor.

Kalau kalian tidak ingin memfilter komentar pengunjung pun juga tidak apa-apa sih. Silahkan simak berikut ini caranya.
  1. Buka halaman fanspage kalian.
  2. Lalu masuk ke menu "Pengaturan" yang icon-nya bergambar roda gir di bilah menu sebelah kiri menu paling bawah.
    Pengaturan
  3. Masuk ke kategori "Umum".
  4. Pada opsi "Filter Kata Kotor" silahkan klik pada tulisan "Edit" berwarna biru yang berada di kanan opsi tersebut.
    Filter Kata Kotor
  5. Klik pada kolom menu dropdown yang telah disediakan untuk memilih tingkatan filter komentar, di sini saya memilih filter "Kuat".
  6. Lalu klik pada tombol berwarna biru tua bertuliskan "Simpan Perubahan" untuk menyimpan pengaturan tersebut.
    Simpan Perubahan
  7. Selesai.


Semoga bisa bermanfaat untuk memfilter komentar-komentar pengunjung halaman fanspage kalian.

E. Cara Merubah Desain Template Halaman Fanspage Facebook

Menurut penulis template bawaan ini sudah cukup bagus sih untuk halaman fanspage saya, tetapi kalau kalian mau menggantinya pun juga tidak apa-apa. Berikut langkah-langkah cara mengganti template halaman fanspage di Facebook.
  1. Buka halaman fanspage kalian dulu.
  2. Lalu masuk ke menu "Pengaturan" yang icon-nya bergambar roda gir di bilah menu sebelah kiri menu paling bawah.
    Pengaturan
  3. Masuk ke kategori "Template dan Tab".
  4. Pada menu "Template" silahkan klik pada tombol berwarna abu-abu bertuliskan "Edit" dengan icon bergambar pensil.
    Edit
  5. Silahkan pilih desain template yang diinginkan.
    Templat


Apakah halaman fanspage kalian makin bertambah keren setelah ganti template? Kalau makin keren dan cocok, selamat, alhamdulillah.

F. Cara Menghilangkan Beberapa Tab di Halaman Fanspage Facebook

Tutorial ini cocok bagi kalian yang ingin menonaktifkan atau menghilangkan beberapa tab di halaman fanspage kalian seperti contohnya tab Promo, Acara, Layanan, dan lain-lainnya karena tab-tab tersebut mungkin dirasa tidak terlalu dibutuhkan. Tetapi juga ada beberapa tab yang tidak bisa untuk dihilangkan.

Baiklah simak berikut di bawah ini caranya.
  1. Buka halaman fanspage kalian dulu.
  2. Lalu masuk ke menu "Pengaturan" yang icon-nya bergambar roda gir di bilah menu sebelah kiri menu paling bawah.
    Pengaturan
  3. Masuk ke kategori "Template dan Tab".
  4. Pada menu "Tab" silahkan klik pada tombol berwarna biru pada tab yang ingin dihilangkan atau dinonaktifkan sehingga berubah menjadi berwarna abu-abu.
    Tab
  5. Jika muncul kotak persegi panjang berwarna hitam di pojok kiri bawah bertuliskan "Tab berhasil dihapus." selamat, itu artinya tab yang kalian sudah ubah menjadi berwarna abu-abu berhasil kalian hilangkan dari halaman fanspage kalian.
    Tab berhasil dihapus.
  6. Kalian juga bisa mengatur urutan tab halaman fanspage kalian, dengan cara menggeser icon bergambar titik-titik di sebelah kanan salah satu tab ke urutan posisi yang diinginkan (lihat pada gambar di langkah nomor 7 yang saya beri kotak).
  7. Jika terdapat kotak persegi panjang berwarna hitam bertuliskan "Urutan tab sudah diperbarui!" di pojok kiri bawah, selamat, itu berarti urutan posisi tab yang tadi kita ubah sudah berhasil tersimpan.
    Urutan tab sudah diperbarui.
  8. Selesai.


Apakah tab-tab yang kalian hilangkan sudah menghilang di halaman fanspage kalian? Insya Allah bisa hilang, semoga berhasil.

G. Cara Mengetahui Tampilan Postingan Halaman Fanspage di Halaman Beranda Orang Lain Atau Pengunjung

Kira-kira bagaimana ya nanti tampilan postingannya di beranda orang lain yang menyukai atau mengikuti halaman fanspage kita?

Jangan khawatir, karena kita bisa melihat bagaimana tampilan postingan halaman fanspage kita melalui menggunakan menu Kabar Beranda.

Kalian penasaran? Silahkan simak berikut di bawah ini caranya.
  1. Buka halaman fanspage kalian dulu.
  2. Lalu masuk ke menu "Kabar Beranda" di bilah menu sebelah kiri, urutan kedua dari atas.
    Kabar Beranda
  3. Akan muncul kotak, silahkan klik tombol berwarna biru bertuliskan "Selanjutnya".
    Selanjutnya
  4. Klik tombol berwarna biru bertuliskan "Selanjutnya" lagi.
    Selanjutnya
  5. klik tombol berwarna biru bertuliskan "Selanjutnya" sekali lagi.
    Selanjutnya
  6. Sekarang akan memasuki tahap "Halaman dan Tokoh Publik untuk Diikuti". Kalau kalian ingin mengikuti halaman fanspage orang lain di pilihan di atas, kalian bisa mengeklik tombol berwarna biru bertuliskan "Ikuti" di sebelah kanan setiap halaman fanspage orang lain tersebut. Kalau kalian tidak ingin mengikuti halaman fanspage siapapun juga tidak apa-apa, saya sendiri juga tidak mengikuti halaman fanspage dari daftar pilihan halaman fanspage di atas.
  7. Lalu klik pada tulisan "Buka Kabar Beranda" di pojok kanan bawah kotak tersebut.
    Buka Kabar Beranda
  8. Selesai, kurang lebih postingan halaman fanspage kita nanti di halaman beranda orang lain akan muncul seperti di menu Kabar Beranda ini.
    Tampilan Postingan Halaman Fanspage di Beranda Orang Lain


Bagaimana? Sudah tahu bukan tampilan postingan halaman fanspage kita di beranda orang lain? Semoga bisa ya.

H. Cara Menambahkan Pintasan Halaman Fanspage di Akun Facebook Kita

Bagi kalian yang ingin agar halaman fanspage yang barusan kalian buat tadi muncul pintasan di beranda kalian bisa menerapkan tutorial ini.

Pintasan yang penulis maksud kalau bahasa kerennya itu shortcut. Berikut langkah-langkahnya yang bisa kalian terapkan.
  1. Buka halaman Facebook Business Suite terlebih dahulu melalui link berikut:
    https://business.facebook.com/
  2. Masuk ke menu "Pengaturan" di bilah menu sebelah kiri.
    Pengaturan
  3. Lalu klik pada opsi "Pengaturan".
    Pengaturan
  4. Akan terbuka halaman baru, masuk pada kategori "Umum".
  5. Lalu pada opsi "Pintasan" silahkan klik pada tulisan "Edit" berwarna biru yang berada di kanan opsi tersebut untuk menambahkan pintasan halaman fanspage tersebut di akun Facebook kita.
    Pintasan
  6. Jika opsi tersebut berubah warna menjadi kuning cream dengan tulisan "Halaman disematkan ke pintasan" dan juga terdapat tulisan "Perubahan disimpan" di sebelah kanan itu tandanya kalian telah berhasil mengubah dan menyimpan pengaturan opsi ini.
    Perubahan disimpan
  7. Selesai.


Mudah ataukah sulit membuat pintasannya? Insya Allah bisa dilakukan, kalau masih bingung bisa dibaca lagi langkah-langkahnya di atas.

Kesimpulan

Bagaimana membuat halaman fanspage di Facebook-nya? Mudah atau susah? Kalau menurut penulis sih gampang-gampang susah, insya Allah bisa kok, itu buktinya penulis sudah praktikkan bukan?

Kalau masih bingung atau belum bisa langkah-langkah di atas tadi bisa dibaca lagi biar paham dan tidak bingung.

Langkah-langkah di atas penulis praktikkan pada Hari Jum'at tanggal 26 Februari 2021, jadi apabila berbeda dengan langkah-langkah di artikel ini silahkan untuk menyesuaikan ya.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di tutorial artikel Cara Buat Halaman Fanspage Facebook ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan juga terkhusus untuk yang sedang membutuhkan tutorial di artikel ini.

Jika kalian membuat halaman fanspage untuk blog atau website kalian, penulis sarankan juga kalian untuk melakukan verifikasi domain blog atau website di Facebook, sangat direkomendasikan.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: April 10, 2021
  • Date Updated: 2024-04-06T07:32:37Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/04/cara-buat-halaman-fanspage-facebook.html

  • Share on Social Media