Cara Verifikasi Domain Blog Atau Website di Facebook

Blogger

Selamat datang di web TulisanIB. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sebuah tutorial bagaimana caranya melakukan verifikasi domain atau subdomain blog atau website di sosial media Facebook.

Apa Itu Verifikasi Domain di Facebook?

Halaman Facebook (fanspage) yang berkategori website (seperti: Situs Web dan Blog Pribadi) disarankan untuk melakukan verifikasi domain di halaman Facebook, hal ini bertujuan untuk mengamankan domain atau link blog website kalian dari pemblokiran pihak Facebook.

Di website Facebook ini terdapat gambar makhluk bernyawanya. Bagi kalian yang ingin menghilangkan gambar pada website Facebook tetapi belum tahu caranya, kalian bisa baca artikel saya yang berjudul "Cara Mematikan Gambar Pada Browser dan Browsing di Internet Tanpa Menampilkan Gambar" untuk mengetahui caranya menghilangkan gambar pada browser.

Link yang bisa kalian inputkan untuk menonaktifkan gambar di website Facebook adalah sebagai berikut:
  • https://web.facebook.com
  • https://business.facebook.com


Saran saya untuk menonaktifkan gambar di Facebook ini menggunakan ekstensi saja, agar gambar masih bisa dibuka setiap saat.

Penulis telah menghilangkan gambar pada website Blogger, Facebook, dan https://business.facebook.com/, jadi kalian tidak akan menemukan gambar makhluk bernyawa pada gambar langkah-langkah di artikel ini.

Untuk lebih lanjut, yuk mari kita simak manfaatnya verifikasi domain di bawah ini.

Manfaat Verifikasi Domain di Facebook

Ternyata dengan kita memverifikasi domain blog atau website kita di halaman Facebook ini kita bisa mendapat beberapa manfaat.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan setelah memverifikasi domain blog atau website ke halaman Facebook.
  • Link atau URL blog atau website kita bisa terlindungi dari pemblokiran pihak Facebook.
  • Dapat dengan leluasa membagikan link atau URL blog atau website kita tanpa khawatir jika nanti diblokir pihak Facebook, bisa membagikan link atau URL lebih dari tiga kali dalam sehari.
  • Bisa mendapatkan fitur tombol konteks di halaman fanspage kita yang dapat menampilkan artikel kita lainnya yang berkaitan dengan domain, jadi seperti semacam artikel terkait di halaman fanspage kita.


Wah, jadi bermanfaat sekali ya dengan kita memverifikasi domain blog atau website kita di halaman Facebook.

Cara Verifikasi Domain Blog Atau Website di Facebook

Sebelum kalian memulai memverifikasi domain blog atau website di Facebook, kalian harus punya halaman fanspage terlebih dahulu.

Kalau kalian belum punya halaman fanspage, kalian bisa membaca artikel "Cara Buat Halaman Fanspage Facebook" yang telah penulis tulis sebelumnya untuk membuat halaman fanspage di Facebook.

Kalau sudah punya halaman fanspage Facebook, baiklah berikut di bawah adalah langkah-langkah verifikasi domain di Facebook, silahkan disimak baik-baik ya.
  1. Pertama kalian harus login atau masuk dulu menggunakan akun Facebook kalian di web Facebook, berikut link-nya:
    https://id-id.facebook.com
  2. Kedua, silahkan kalian membuka halaman Facebook Business Suite, berikut link-nya:
    https://business.facebook.com/
  3. Klik pada menu "Fitur Lainnya" di bilah menu sebelah kiri.
    Fitur Lainnya
  4. Lalu klik pada menu "Pengaturan Bisnis".
    Pengaturan Bisnis
  5. Akan dialihkan menuju ke tab baru, kita akan membuat akun terlebih dahulu. Silahkan klik pada tombol berwarna biru bertuliskan "BUAT AKUN" yang berada di pojok kanan atas.
    BUAT AKUN
  6. Akan muncul kotak dengan judul "Buat Akun Pengelola Bisnis Anda", silahkan isi kolom berjudul "Nama Bisnis dan Akun Anda" dengan nama halaman fanspage yang sudah kalian buat sebelumnya, nama harus ditulis sama persis akurat dengan nama halaman fanspage yang telah kalian buat sebelumnya karena jika tidak persis maka akan muncul notifikasi "Unable to Create Account" dengan icon bergambar "!" berwarna merah.
  7. Isi kolom berjudul "Nama Anda" dengan nama kalian.
  8. Isi kolom berjudul "Email Bisnis Anda" dengan alamat email, alamat email ini nantinya digunakan untuk verifikasi akun ini. Kalau website atau blog kalian punya email khusus sendiri, gunakan email khusus tersebut saja (direkomendasikan dan optional, boleh dilakukan, boleh tidak dilakukan).
  9. Lalu klik tombol berwarna biru bertuliskan "Kirim" yang berada di pojok kanan bawah kotak.
    Buat Akun Pengelola Bisnis Anda
  10. Nah sekarang akun Facebook bisnis kalian telah terbuat, kalian boleh menutup kotak ini dengan mengeklik tombol berwarna biru bertuliskan "Selesai" yang berada di pojok kanan bawah kotak, tetapi tidak ditutup juga tidak apa-apa.
    Konfirmasikan Alamat Email Anda
  11. Sekarang buka email yang kalian gunakan saat mendaftar tadi untuk melakukan verifikasi akun Facebook bisnis yang telah kalian buat barusan.
  12. Buka folder Spam, maka akan ditemukan pesan verifikasi dari Facebook.
  13. Buka pesan tersebut.
    Konfirmasi email bisnis Anda
  14. Kalau pesan dari Facebook ini terkunci silahkan kalian buka dulu kuncinya.
    Turn on
  15. Kalau pesan sudah tidak terkunci kalian bisa klik pada tombol berwarna biru bertuliskan "Konfirmasikan Sekarang".
    Konfirmasikan Sekarang
  16. Kalian akan dialihkan menuju ke tab baru dan terdapat pesan di kotak persegi panjang berwarna hitam bertuliskan "Alamat email Anda telah diverifikasi." yang berada di pojok kanan bawah itu berarti akun Facebook bisnis kalian telah berhasil diverifikasi.
    Alamat email Anda telah diverifikasi.
  17. Kalau muncul kotak dengan tulisan "Cara Baru untuk Mengakses Akun Anda" kalian bisa klik pada tombol berwarna ungu bertuliskan "Mulai" yang berada di pojok kanan bawah kotak tersebut.
    Cara Baru untuk Mengakses Akun Anda
  18. Akan muncul kotak dengan tulisan "Tetap Fokus pada Fitur Bisnis" yang mengarah ke lokasi nama halaman fanspage yang kalian telah buat sebelumnya, kalian klik saja pada tombol berwarna ungu bertuliskan "Selanjutnya" yang berada di pojok kanan bawah kotak tersebut.
    Tetap Fokus pada Fitur Bisnis
  19. Akan muncul kotak dengan tulisan "Lihat dengan Cepat Ada Apa Saja di Setiap Akun" yang mengarah ke lokasi nama akun bisnis Facebook halaman fanspage yang telah kalian buat barusan, kalian klik saja pada tombol berwarna ungu bertuliskan "Selanjutnya" yang berada di pojok kanan bawah kotak tersebut.
    Lihat dengan Cepat Ada Apa Saja di Setiap Akun
  20. Akan muncul kotak dengan tulisan "Fokus pada Satu Akun dalam Satu Waktu" yang mengarah ke lokasi menu akun Facebook kalian, kalian klik saja pada tombol berwarna ungu bertuliskan "Selesai" yang berada di pojok kanan bawah kotak tersebut.
    Fokus pada Satu Akun dalam Satu Waktu
  21. Sekarang kalian bisa scroll bilah menu sebelah kiri ke bawah, lalu temukan dan klik menu dropdown "Keamanan Merek".
  22. Sekarang silahkan kalian klik pada menu "Domain".
  23. Lalu klik pada tombol berwarna biru yang bertuliskan "Tambahkan".
    Kelola Domain Anda
  24. Tulis link alamat domain atau subdomain blog kalian di kolom sebelah kanan tulisan "Nama Domain".
  25. Lalu klik pada tombol berwarna biru bertuliskan "Tambahkan Domain" yang berada di pojok kanan bawah kotak persegi panjang ini.
    Tambahkan Domain
  26. Dan sekarang kalian pilih ingin metode verifikasi mana yang kalian inginkan, di sini saya memilih metode verifikasi "Meta-tag Verification" karena menurut saya ini adalah metode verifikasi yang paling mudah. Untuk kalian yang memilih menggunakan metode "Verifikasi DNS" kurang lebih caranya hampir sama dengan verifikasi pada metode "Penyedia Nama Domain" di Google Search Console.
  27. Copy kode meta tag verifikasi domain Facebook tersebut.
    Meta-tag Verification
  28. Jangan tutup halaman verifikasi domain ini. Lalu paste atau masukkan kode meta tag verifikasi domain Facebook tersebut ke template blog atau website kalian di dalam tag <head>. Kalau kalian menggunakan platfom blog atau website Blogspot atau Blogger.com, silahkan masuk ke dashboard blog atau website kalian di web Blogger.com.
    Blogger.com menampilkan gambar makhluk bernyawa di dalam web-nya.
  29. Lalu masuk ke menu "Tema".
  30. Klik pada icon anak panah mengarah ke bawah yang berada di sebelah kanan tulisan "SESUAIKAN" pada tombol berwarna orange.
    Tema
  31. Akan muncul menu-menu. Kalau kalian ingin mencadangkan (backup) template kalian sebelum diedit, silahkan klik pada menu "Cadangkan", tidak juga tidak mengapa. Lalu silahkan klik pada menu "Edit HTML" untuk masuk ke source code template blog atau website Blogspot atau Blogger.com kalian.
    Edit HTML
  32. Lalu silahkan cari kode <head> atau </head>, tekan Ctrl + F pada keyboard untuk memunculkan kotak pencarian.
    Cari di Edit HTML
  33. Lalu paste kode verifikasi Facebook tadi di antara tag <head> sampai </head>, ditaruh dimanapun boleh, bebas asalkan masih di dalam lingkup tag <head>.
  34. Lalu kalian save dengan cara mengeklik icon bergambar disket atau kartu memori di kanan atas.
    Simpan Template
  35. Apabila muncul kotak persegi panjang berwarna hitam bertuliskan "Update berhasil." itu berarti kode tadi telah berhasil disimpan.
    Update berhasil.
  36. Sekarang kalian kembali lagi ke halaman verifikasi domain Facebook tadi, lalu klik pada tombol berwarna hijau bertuliskan "Verifikasi".
    Verifikasi
  37. Apabila muncul kotak dengan icon centang berwarna hijau seperti pada gambar di bawah, selamat, itu tandanya domain kalian berhasil terverifikasi. Kalian bisa klik pada tombol berwarna abu-abu bertuliskan "Selesai" untuk menutup kotak tersebut.
    Selesai
  38. Selesai, sekarang kalian boleh menutup atau keluar dari halaman verifikasi domain Facebook ini.


Begitulah caranya memverifikasi domain blog atau website di halaman Facebook.

Kesimpulan

Apakah kalian sudah berhasil memverifikasi domain blog atau website kalian? Insya Allah berhasil dilakukan, kalau masih belum paham tutorial di atas mungkin bisa dibaca lagi.

Tutorial cara verifikasi domain blog atau website di Facebook ini penulis praktikkan pada tanggal 26 Februari 2021 di hari Jum'at, jadi apabila berbeda dengan langkah-langkah di atas silahkan untuk menyesuaikan ya.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di tutorial artikel Cara Verifikasi Domain Blog Atau Website di Facebook ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan terutama bagi orang yang membutuhkan tutorial di atas.

Artikel terkait di Rubrik Blogger lainnya yang boleh kalian baca: Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster Tools.
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: April 10, 2021
  • Date Updated: 2024-04-22T03:50:00Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/04/cara-verifikasi-domain-blog-website-facebook.html

  • Share on Social Media