Cara Cek Cache Pada Halaman Blog Atau Website

Blogger

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel kali ini penulis akan membagikan dan memberitahukan sebuah tutorial bagaimana caranya kita melakukan pengecekan cache pada sebuah halaman blog atau website.

Bagi yang belum tahu apa itu cache, berikut penulis jelaskan.

Cache adalah sebuah masa aktif atau masa tenggang dari file aset-aset di website kita yang diunduh atau didownload oleh orang yang berkunjung di website kita.

Fungsi dan manfaat dari cache ini adalah apabila file aset-aset di website kita jika memiliki masa aktif atau masa tenggang yang lama maka akan sedikit menghemat penggunakan kuota atau paket data milik orang yang mengunjungi website kita dan mempercepat pemuatan halaman website kita karena pengunjung mengunduh file aset-aset di website kita hanya sekali dan menyimpannya di penyimpanan memori milik mereka sampai masa aktif atau masa tenggang file aset-aset website kita habis.

Jika masa aktif atau masa tenggang dari file aset-aset kita telah habis maka file aset-aset di website kita tadi akan terhapus dan pengunjung apabila membuka halaman blog atau website kita harus mendownload lagi file aset-aset di website kita.

Sudah paham apa itu cache? Atau malah tambah pusing tujuh keliling? Kalau masih pusing berikut penulis berikan contoh agar kalian bisa lebih paham lagi.

Contohnya seperti kalian membuka halaman A, di halaman A terdapat dua gambar. Dua gambar ini memiliki cache selama 24 jam.

Ketika kalian pertama kali membuka halaman A, maka browser yang kalian gunakan mendownload dua gambar tersebut secara otomatis agar dua gambar tersebut dapat ditampilkan atau muncul di halaman A.

Setelah proses mendownload dua gambar tersebut telah selesai, browser akan menghitung waktu habis atau waktu kadaluwarsa atau cache kedua gambar tersebut.

Katakanlah kalian membuka halaman A pada jam 9 pagi hari Selasa, lalu pada jam 9.30 (setengah sepuluh) kalian keluar atau meninggalkan halaman A tersebut.

Lalu kalian membuka lagi halaman A pada jam 2 siang (14.00), maka browser tidak mendownload dua gambar tadi lagi karena cache atau masa aktifnya masih ada dan belum berakhir.

Jika kalian membuka lagi halaman A pada hari Sabtu tentu browser akan mendownload lagi, karena cache atau masa aktif sebelumnya (hari Selasa) telah habis karena cache atau masa aktifnya hanya 24 jam saja yaitu sampai hari Rabu jam 9 pagi.

Allahu a'lam.


Semoga paham ya dengan penjelasan di atas.

Tetapi sepertinya fitur cache ini tidak berfungsi pada browser-browser yang kurang bagus. Cache atau masa aktifnya jika belum habis saat dibuka di browser yang kurang bagus biasanya akan tetap mendownload aset-aset website kita, Allahu a'lam.

Baiklah bagi kalian yang ingin cek cache di halaman blog atau website kalian bisa mengikuti tutorial di bawah ini.
  1. Pertama kalian bisa mengunjungi halaman Browser Caching Checker di website GiftOfSpeed melalui link berikut ini:
    https://www.giftofspeed.com/cache-checker/
  2. Lalu tulis atau taruh link atau URL dari halaman blog atau situs website yang ingin kita cek cache-nya di kolom panjang yang telah disediakan, di sini saya akan mengecek cache di halaman homepage atau beranda web TulisanIB.
  3. Lalu klik pada tombol di sebelah kanan yang berwarna abu-abu bertuliskan "CHECK" untuk segera melakukan pengecekan cache pada halaman di link atau URL yang telah kita tulis di kolom sebelahnya.
  4. Tunggu sebentar.
  5. Selesai, maka akan ditampilkan keterangan cache dari aset-aset atau file-file yang terdapat di website yang sebelumnya kita tulis link atau URL-nya di bawah kolom untuk menulis link atau URL dan tombol "CHECK".
    Browser Caching Checker


Bagaimana? Cukup mudah bukan melakukan pengecekan cache pada halaman blog atau website kita? Bagi kalian yang masih belum paham caranya, langkah-langkah di atas bisa diulangi lagi membacanya.

Langkah-langkah cara cek cache pada halaman blog atau website di atas penulis praktikkan pada tanggal 1 Februari tahun 2021 pada pukul 13.40.41 sampai 13.41.00 di Waktu Indonesia bagian Barat, jadi apabila berbeda silahkan kalian untuk menyesuaikan ya.

Sekian apa yang bisa penulis sampaikan di tutorial artikel Cara Cek Cache Pada Halaman Blog Atau Website ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan juga terkhusus untuk bagi yang sedang membutuhkan artikel tutorial cara cek cache ini.

Artikel di Rubrik Blogger lainnya yang mungkin kalian tertarik untuk membacanya: "Cara Mengetahui Jumlah Kata Halaman Blog Atau Website".
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: Mei 31, 2021
  • Date Updated: 2024-04-22T03:35:37Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/05/cara-cek-cache-halaman-blog-website.html

  • Share on Social Media