Cara Cek Heading Halaman Blog Atau Website

Blogger

Selamat datang di web TulisanIB. Di artikel yang satu ini penulis akan memberitahukan sebuah tutorial bagaimana caranya mengecek atau mengetahui tag heading pada suatu halaman blog atau website yang berada di internet.

Mengecek atau mengetahui tag-tag heading yang berada di halaman blog atau website memang sangat penting, terutama bagi seorang developer atau pembuat template atau theme pada blog atau website.

Karena jika ada kesalahan tag heading pada halaman blog atau website nantinya bisa mempengaruhi SEO dari blog atau website tersebut.

Berikut di bawah ini adalah beberapa kesalahan mengenai tag heading yang penulis ketahui:
  • Duplikat tag H1 (heading 1). Kesalahan ini berupa terdapat tag H1 pada halaman blog atau website yang jumlahnya lebih dari satu, bisa dua atau lebih.
  • Tag heading tidak berurutan. Kesalahan ini bisa berupa seperti tidak menuliskan tag heading tidak sesuai urutan atau ada tag heading yang terlewat. Seperti contoh yang pernah saya sendiri alami adalah di halaman blog atau website TulisanIB ini dulu ada tag h3-nya, tetapi tag h2-nya tidak ada, ini merupakan suatu kesalahan.


Jadi apakah kalian ingin mengecek tag heading halaman website atau blog kalian? Jika ingin mengeceknya, silahkan baca tutorial di bawah ini.
  1. Pertama, kunjungi halaman H1 and all Header Tag Checker Tool di website SEOptimer melalui link berikut ini:
    https://www.seoptimer.com/h1-checker
  2. Kedua, masukkan atau tuliskan link halaman blog atau website yang ingin dicek tag heading-nya di kolom bertuliskan "Website URL", boleh halaman apa saja di blog atau website kalian, bebas terserah kalian, di sini saya akan mengecek tag heading pada halaman homepage atau beranda web TulisanIB.
  3. Lalu klik tombol berwarna kuning yang bertuliskan "Check!" untuk memulai pengecekan tag heading.
    Website URL
  4. Tunggu sampai proses analisis selesai atau 100% complete.
    Analyzing Website
  5. Jika proses analisis telah selesai maka akan ditampilkan sebuah icon dan hasil jumlah tag heading pada halaman blog atau website tersebut, jika yang tampil adalah icon centang berwarna hijau maka tag heading di halaman blog atau website tersebut sudah benar. Berdasarkan hasil pengecekan pada gambar nomor 6 di bawah: Halaman beranda atau homepage di web TulisanIB memiliki jumlah total tag heading ada 12, tag H1 berjumlah 1, tag H2 berjumlah 10, dan tag H3 berjumlah 1.
  6. Jika ingin mengetahui tag-tag heading di halaman blog atau website kalian lebih lanjut, kalian bisa klik tombol berwarna biru yang bertuliskan "Show details."
    Show details
  7. Maka akan ditampilkan daftarnya apa-apa saja yang menjadi tag heading di halaman blog atau website tersebut.
    Detail Tag Heading
  8. Selesai.


Bagaimana cara cek tag heading-nya? Sangat mudah bukan? Insya Allah mudah sekali, jika masih bingung atau njlimet bisa dibaca lagi tutorialnya di atas.

Tutorial langkah-langkah di atas penulis praktikkan pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 pada jam 16.33.54 sampai 16.34.53, jadi kalau berbeda silahkan untuk menyesuaikan ya.

Sekian apa yang bisa saya sampaikan di tutorial artikel Cara Cek Heading Halaman Blog Atau Website ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan terutama bagi yang sedang membutuhkan.

Artikel di rubrik Blogger lainnya: "Cara Hapus Blog Blogspot (Blogger.com)"
  • Editorial: Muhammad Reza
  • Date Published: April 11, 2021
  • Date Updated: 2024-04-22T03:35:07Z
  • URL: https://www.tulisanib.eu.org/2021/04/cara-cek-heading-halaman-blog-website.html

  • Share on Social Media